Apa Itu Asuransi Jiwa Berjangka? Simak Yuks Ciri-ciri dan Manfaatnya

Asuransi Jiwa Berjangka – Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya asuransi jiwa. Produk asuransi ini telah berhasil memberikan banyak manfaat kepada para pemegang polis asuransinya. Tetapi, ternyata masyarakat Indonesia sendiri belum banyak yang mengetahui tentang salah satu jenis asuransi jiwa yaitu asuransi jiwa berjangka (Term Life Insurance).

Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan asuransi jiwa berjangka? Pada artikel kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai jenis asuransi ini. Sama halnya dengan asuransi jiwa, produk ini memberikan perlindungan finansial kepada tiap keluarga ataupun kepada pihak yang telah ditentukan oleh tertanggung apabila waktunya tertanggung mengalami kematian. Tetapi, masa berlaku dari asuransi ini beada di dalam jangka waktu tertentu, makanya disebut dengan istilah “berjangka”.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci dari asuransi jiwa berjangka tersebut.

Pengertian Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi Jiwa Berjangka
Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka adalah merupakan salah satu produk dari asuransi jiwa yang memberikan santunan dana kepada pihak yang telah ditentukan oleh tertanggung yang terdapat dapat polis asuransi.

Dana santunan itu akan diberikan ketika si tertanggung mengalami kematian / meninggal duni dalam satu periode tertentu yang telah disepakati oleh perusahaan asuransi dan juga si tertanggung. Yang mana kesepakatan jangka waktu tersebut telah tercantum di dalam buku polis asuransi tertanggung atau yang disebut si pemegang polis.

Biasanya jenis asuransi ini dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki tanggungan dengan jumlah yang besar. Seperti memiliki kredit properti ataupun seperti kenderaan pribadi.

Ciri – Ciria Asuransi Jiwa Berjangka

Ada beberapa ciri – ciri arusansi jiwa berjangka yang perlu kamu ketahui. Berikut detailnya :

Memililiki jangka waktu tertentu

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jenis arusansi jiwa ini berdeda dengan jenis asuransi jiwa lainnya. Asuransi jiwa berjangka memiliki jangka waktu tertentu untuk masa pertanggungannya. Misalnya, ketika mereka mengambil produk asuransi ini bagi keperluan KPR rumah, maka lama waktu premi yang akan dibayarkan tentunya mengikuti pelunasan kredit rumah itu.

Premi yang relatif rendah

Adapun biaya premi asuransi jiwa dalam jangka waktu tertentu ini memiliki biaya premi yang relatif rendah. Biaya ini tergantung pada berapa besarnya dana pertanggungan yang akan diberikan.

Polis dapat diperpanjang ataupun diperbaharui

Dikarenakan sifatnya yang dibatasi oleh waktu. Maka bagi rekan – rekan pemegang asuransi jiwa berjangka ini masih dapat memperpanjang dan memperbaharui nya atas kesepakatan oleh pihak – pihak yang berkepentingan.

Manfaat dari Arusansi Jiwa Berjangka

Apa saja manfaat dari asuransi jiwa berjangka? Berikut informasinya :

Memberikan perlindungan finansial kepada ahli waris

Dengan adanya asuransi jiwa tentunya akan memberikan rasa aman kepada keluarga tertanggung ataupun ahli waris. Dari segi finansial, jika seseorang adalah pencari nafkah tunggal dalam sebuah keluarga, maka hal ini dapat mencegah keluarga tersebut untuk kehilangan mata pencaharian untuk sementara waktu.

Meminimalisir adanya kredit macet

Dengan asuransi jiwa, rekan – rekan dapat meminimalisir kredit macet atau gagal melunasinya karena hal tertentu kepada kreditur. Dengan asuransi jiwa, hal ini dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir hal itu.

Mengelola dana dalam jangka panjang

Bagi rekan – rekan yang memiliki keinginan jangka panjang dari segi pendidikan untuk anak, jaminan hari tua, ataupun keinginan dalam membangun sebuah usaha. Maka, asuransi jiwa adalah salah satu jawaban yang memliki manfaat dalam hal membantu rekan – rekan mengelola dana tersebut dalam jangka panjang.

Apakah Asuransi Jiwa Berjangka itu Penting?

Jika ada pertanyaan apakah asuransi jiwa berjangka itu penting? Maka jawabannya adalah iya, bagi kalian yang memiliki tanggungan dalam mumlah besar ataupun kecil. Asuransi jiwa ini sama halnya dengan investasi, dimana asuransi merupakan salah satu instrumen finansial yang dapat kamu manfaatkan untuk menggapai yang namanya kebebasan finansial saat kamu tua nanti.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai pengertian asuransi jiwa berjangka, ciri – ciri dan manfaatnya. Semoga apa yang kami hadirkan disini memberikan banyak ilmu kepada rekan – rekan. So, kapan lagi kamu memikirkan dana untuk hari tua mu. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar