Cara Membuat Website Sendiri, Ternyata Cukup Mudah!

Cara Membuat Website Sendiri – Website merupakan suatu kumpulan dari halaman web yang terhubung satu sama lain. Isi dari website bisa berupa berbagai informasi yang telah disediakan oleh suatu organisasi, perorangan, dan kelompok. Biasanya laman web diletakkan pada server yangmana bisa diakses dengan mudah melalui jaringan internet yang dinamakan sebagai URL.

Laman web pertama kali tersandung dengan jaringan sekitar tahun 1991 dengan penemunya Bernama Sir Timothy John. Biasanya bahasan dari situs web berisi pranala yang diarahkan mengenai situs web lainnya yang sesuai. Faktor tersebut membuat sedikit masalah dengan adanya perbedaan antara laman yang telah dibuat perseorangan maupun individu dengan situs organisasi.

Sekarang Anda tidak perlu menyewa jasa pembuatan website yang memerlukan budget lumayan besar. Cukup dengan internet dan tutorial yang disediakan situs pribadi dapat dibuat dengan sangat mudah. Adapun cara membuat website sendiri dapat Anda lakukan agar tampilan dan fitur tampak mudah akan diuraikan di bawah ini.

Cara Membuat Website Sendiri yang Praktis

Cara Membuat Website Sendiri
Cara Membuat Website Sendiri

Mari simak cara membuat website sendiri yang paling efektif dengan lapisan fitur keamanan memadai.

  • Tentukan terlebih dahulu jenis website apa yang akan dibuat

Anda harus memikirkan jenis website apa yang diinginkan seperti blog dengan update informasi mengenai diri sendiri. Situs berita yang isinya memuat bermacam – macam artikel update berita paling baru. Diperuntukkan untuk Anda yang bergabung di komunitas bisa membuat website forum. Berikutnya portofolio yang dapat dibuat situs supaya personal branding Anda lebih memiliki nilai jual tinggi, dan lain sebagainya.

  • Mulai memilih platform website yang tepat

Guna membuat situs tidak perlu repot – repot belajar ilmu pemrograman. Kode CSS, HTML, PHP sangat mungkin tidak usah dipelajari bagi Anda pemula dalam bidang ini. Selain itu, jika hal tersebut dilakukan akan memakan waktu yang lama. Anda dapat menggunakan situs seperti WordPress sebagai pijakan awal membuat web.

  • Perhatikan hosting yang akan digunakan

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk situasi ini Anda harus mengeluarkan sedikit budget. Hosting digunakan untuk menyimpan data web serta membeli nama domain. Segala data semacam teks, kode HTML, media, plugin, dan tema akan dimasukkan ke hosting ini.

  • Pakai domain dengan penamaan menarik

Manusia sebagai makhluk yang memperhatikan visual terlebih dahulu pastinya akan tertarik pada hal yang berbeda. Faktor ini berpengaruh juga pada penamaan domain. Domain yang paling relevan dengan isinya seperti nama Anda, nama toko online, dan lain sebagainya akan lebih digemari.

  • Selalu tambahkan lapisan keamanan

Tak pernah ada hal – hal yang aman apalagi di internet. Anda wajib memproteksi sendiri website yang dibuat dengan keamanan lebih agar meminimalkan terkena kejahatan cyber. Solusi yang dapat ditempuh Anda bisa memakai plugin seperti All in One WP Security & Firewall ataupun WordFence. Bahkan beberapa domain telah dilengkapi Anti-virus dan Anti-malware agar terhindar dari peretasan

  • Pastikan selalu memilih CMS yang sesuai

Lebih baik bagi Anda menggunakan CMS yang telah disesuaikan dengan jenis web supaya lebih relevan. Anda dapat menemukan CMS dengan kemudahan fitur di WordPress. WordPress menyajikan interface, template, dan fitur yang mudah dipahami pemula

Jika website yang dibuat mengenai toko online beberapa hal ini dapat Anda beri penekanan ekstra. Kesatu, usahakan tampilan website rapi dan menarik. Kesan pertama sangat menentukan tindakan apa yang akan dilakukan konsumen setelah melihat interface suatu laman. Awali dengan memperhatikan detail seperti tema, jenis plusin yang sesuai, jenis font, ukuran font, dan lainnya.

Hal kedua adalah pertimbangkan SEO (Search Engine Optimization). SEO bermanfaat untuk meningkatkan engagement supaya website buatan Anda dapat muncul di awal. Bila link website langsung tampak di awal pencarian tentunya peluang untuk lebih banyak konsumen berkunjung semakin lebar dan luas.

Solusi lain cara membuat website gratis tanpa modal dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun untuk menunjang kebutuhan. Langkah yang dilakukan pertama adalah carilah domain gratis untuk menetapkan server. Kedua, pilihlah nama domain berdasarkan domain gratis yang telah Anda temukan. Ketiga, mulai buat akun domain dengan menggunakan hosting

Tahap keempat jika Anda memilih website buatan wordpress versi gratis Anda dapat menginstall tema. Dengan menyematkan tema di web buatan Anda akan lebih mempercantik tampilan yang ada. Kelima, tentukan kira – kira jenis website apa yang ingin dibuat. Apakah website pribadi, perusahaan, toko online, dan lainnya.

Itulah beberapa tahapan cara membuat website sendiri gratis bagi pemula. Apabila Anda menginginkan memiliki domain sendiri jangan risau. Anda dapat membelinya melalui reseller domain Indonesia seperti domainesia.com biayanya ramah di dompet. Banyak opsi domain yang disuguhkan seperti .web.id, .ponpes.id, .id, .co.id, serta untuk sekolah .sch.id. So, jangan sampai menyesal segera beli domain yang tepat di domainesia.com.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar