12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

JogjaLib.net – Ada banyak cara bagaimana mendapatkan penghasilan secara online. Terkadang kita hanya perlu fokus mengerjakannya saja hingga penghasilan online kita bisa mencukupi kebutuhan harian kita.

Disini kita akan coba membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari internet dengan modal yang sangat terjangkau, bukan tanpa modal ya. Karena tidak ada setiap kegiatan dengan modal gratis, wong numpang pipis aja sudah bayar Rp. 1.000 di WC umum, apalagi ingin mendapatkan uang secara cepat. Tetapi, intinya modal yang digunakan tidak terlalu besar dibandingkan dengan kita membuka bisnis secara offline.

Nah, akan muncul pertanyaan berapakah uang yang dapat dihasilkan?

Untuk menjawabnya, semua tergantung pada usaha yang kalian lakukan. Kemudian tergantung pula pada jenis usaha yang kalian jalani. Semakin fokus menjalani usaha, biasanya berbanding lurus dengan hasil yang akan didapatkan.

Proses mendapatkan uang dari online juga tidak cepat, karena akan melalui proses apalagi bagi mereka yang masih proses dalam tahap belajar. Maka dari itu, komitmen adalah syarat utama untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Okey, pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja dan bagaimana cara mendapatkan uang secara online melalui internet dan langkah – langkah sederhana yang harus dilakukan:

Hal – Hal Yang Wajib Dipersiapkan

Sebelum memulai mencari uang dari internet, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Agar proses mencari uang dari online nya berjalan dengan lancar dan aman.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai mencari uang dari kegiatan onlinnya.

  1. Perangkat Pendukung

    Perangkat merupakan hal yang vital dalam kegiatan mencari uang dari internet, baik itu berupa laptop dan smartphone. Karena kegiatan online berkaitan dengan internet, maka sangat wajib menggunakan laptop dan smartphone.

  2. Internet

    Selain laptop dan smartphone, yang tak kalah penting adalah koneksi internet. Apalah arti laptop dan smartphoen tanpa koneksi, karena akan sama saja kita tidak bisa melakukan online dan mencari uang dari internet.

  3. Mindset

    Mindset atau pemahaman adalah hal pertama yang wajib diketahui, mindset bagaimana cara mendapatkan uang dari internet, mindset bagaimana pola yang harus dilakukan, mindset bagaimana mencari calon pembeli atau pengunjung website, dan pastinya mindset uang yang didapatkan dalam jangka waktu berapa lama.

  4. Email

    Email merupakan salah satu sarana kita berkomuniasi, selain itu juga email digunakan untuk registrasi apapun yang berkaitan dengan kegiatan jualan online ataupun kegiatan  mencari uang dari internet.

  5. Rekening Bank

    Rekening diperlukan untuk mengumpulkan pundi – pundi uang yang didapat, atau bagi kalian yang jualan online juga diperlukan sebagai tujuan pengiriman uang saat terjadinya closing dan transaksi. Selain itu juga diperlukan untuk melakukan bayar – bayar sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan mencari uang online.

12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Berikut akan dijelaskan lebih detail apa saja yang dapat menghasilkan uang dari internet dan bagaimana langkah – langkah sederhananya.

  1. Jualan Online

    Jualan online adalah hal yang paling gampang dan paling banyak ditekuni saat ini dalam mencari uang di internet. Sudah banyak workshop – workshop offline maupun online yang membahas bagaimana cara jualan online. Baik jualan produk sendiri maupun dengan sistem reseller ataupun dropship.

    Bagaimana Cara Memulainya?

    Bagi kamu yang sudah berniat jualan online, hal pertama yang harus dilakukan adalah riset produk dan kompetitor. Riset produk berkaitan dengan produk yang lagi ramai dan trending di jual. Selain itu target market nya juga gampang untuk disasar. Untuk riset kompetitor biasa dilakukan untuk meniru pola promosinya dan bagaimana bahasa promosi yang dilakukan.

    Dapatkan Kepercayan Pelanggan

    Agar jualan kamu semakin laris, maka kamu harus medapatkan kepercayaan dari pelanggan sehingga pelanggan pelanggan lain akan berdatangan. Selain itu juga, jika kamu menjual produk kamu sendiri maka wajib kamu memiliki sebuah website yang memajang jualan produk kamu.

    Buat Website Secara Professional

    Web yang terlihat professional akan menambah kepercayaan bagi para pelanggan, jika kamu sendiri tidak bisa membuatnya maka serahkan saja kepada ahlinya yaitu salah satunya kepada Jasa Pembuatan Website yang berlokasi di Pekanbaru.

  2. Bikin eBook

    Jika kamu adalah tipe orang yan hobbi menulis, dan dari setiap tulisan kamu ingin mendapatkan pundi – pundi rupiah dari internet. Kalian bisa mencoba membuat sebuah eBook kemudian di pasarkan melalui online. Bisa jualan eBook sendiri atau masukkan ke beberapa marketplace yang ada seperti Kindle Amazon, Google Book, dan lainnya.

    Bagaimana Cara Membuatnya?

    Sudah banyak aplikasi – aplikasi online yang membantu kita membuat eBook, atau paling sederhana adalah membuatkan kedalam sebuah file PDF. Dengan bantuan desain yang menarik, akan membuat tampilan eBook terlihat lebih professional.

    Bagaimana Cara Menjualnya?

    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu bisa menjualnya melalui beberapa marketplace tempat menjual eBook yang tersedia. Setiap eBook yang berhasil terjual, maka kamu akan mendapatkan pundi – pundi uang. Semakin banyak kamu membuat eBook, maka kesempatan untuk mendapatkan uangnya pun semakin besar.

  3.  Google AdSense

    Google AdSense menjadi salah satu pilihan menarik bagi para Blogger untuk mendapatkan uang dari internet. Google AdSense merupakan media pengiklan yang kita terdaftar disana dan kita bisa menampilkan iklan pada blog kita yang telah disetujui.

    Bagaimana Cara Mendapatkan Uangnya?

    Dari setiap tayangan iklan dan klik iklan ada harganya, atau biasanya disebut CPC (Cost Per Click). Semakin banyak yang klik iklan, maka akan semakin banyak uang yang akan didapatkan. Tapi ingat, klik bukan di klik sendiri ya. Akan membuat jadi fraud klik yang mengakibatkan akun AdSense kita bisa dibanned atau di tangguhkan.

    Cara Mendaftar Akun AdSense

    Jika web/blog kamu  merupakan web/blog yang memiliki original konte, maka akan semakin gampang untuk diterima di situs periklanan Google atau biasa disebut Google AdSense. Cara medaftarnya kamu hanya daftar di situs periklanan Google di https://www.google.com/adsense dan lengkapi data yang diperlukan. Jika web/blog kamu diterima untuk menampilkan, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.

  4. Jasa Pembuatan Artikel

    Profesi selanjutnya yang bisa mendatangkan pundi pundi rupiah dari internet adalah membuat jasa penulisan artikel. Jika kamu adalah orang yang hobi menulis dan ingin menyalurkan hobi tersebut, kalian bisa buka jasa ini. Karena sangat banyak sekali yang membutuhkan artikel – artikel yang bagus untuk mendukung promosi produk mereka. Selain bekerja sendiri, kamu juga bisa membangun  sebuah tim dan membuka jasa yang go nasional.

    Bagaimana Cara Menjual Jasa nya?

    Pertanyaan yang paling krusial dari setiap bisnis adalah bagaimana cara pemasaran produk dan jasa yang kita tawarkan. Untuk jasa penulisan artikel, kalian bisa menjual melalui iklan berbayar, atau promo ke forum forum para pebisnis online, masuk ke group – group facebook. Untuk kalian yang baru terjun, alangkan baiknya kalian membuat harga promo ataupun harga diskon yang menarik. Intinya untuk menarik pelanggan terlebih dahulu, dan pastinya dibarengi dengan pelanan yang baik.

    Harga Jasa Penulisan Artikel

    Harga yang ditawarkan tiap penulis terkadang berbeda, tergantung dengan tingkat kevalidan artikel apakah benar – benar tulisan sendiri dan lulus copyscape. Untuk artikel bahasa Indonesia terkadang terbagi untuk beberapa pilihan kata, seperti 200 kata, 300 kata, 500 kata, 700 kata, 1000 kata, dan seterusnya. Begitu juga untuk artikel bahasa Inggris, dan biasanya harga yang ditawarkan pun sangat beda dengan artikel bahasa Indonesia.

  5. Jual Domain

    Bisnis jual beli domain bukan hanya jual domain baru seperti di layanan penyedia domain dan hosting. Tapi jual domain yang dimaksud kali ini adalah memburu domain domain yang sudah diperpanjang pemiliknya dan memiliki metrix yang bagus. Atau kalian juga bisa berburu domain yang berkaitan dengan brand ataupun nama seorang public figure. Biasanya ketika mereka sangat membutuhkan domain tersebut dan kalian telah memilikinya, kalian bisa menjual dengan harga yang jauh – jauh lebih mahal.

    Cara Mencari Domain Expired

    Untuk mencari domain domain yang sudah expired kalian bisa cek di https://www.expireddomains.net/ atau menggunakan tools – tools berbayar lainnya. Domain yang bagus kalian biasanya melalukan bidding atau ikut lelang di beberapa market penyedia domain seperti GoDaddy.

    Cara Membeli Domain

    Untuk membeli domain – domain yang sudah expired tersebut, biasanya kamu langsung diarahkan ke market tersebut. Untuk membelinya biasanya menggunakan kartu kredit ataupun Paypal. Untuk domain biasa bisa dibeli di penyedia domain hosting lokal seperti JogjaWeb.co.id.

    Cara Menjual Domain

    Cara menjual domain yang sudah kita beli bisa melalui marketplace jual beli domain seperti Sedo.com ataupun Flippa.com. Atau kamu juga bisa menawarkannya ke forum – forum para pebisnis online terkumpul, baik forum lokal maupun internasional.

  6. Jual Website / Blog

    Jika jualan domain hanya domain saja yang dijual, nah kali ini cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah menjual website / blog yang kita miliki. Biasanya harga tergantung dari traffic yang didapatkan dan hasil monetize yang kita dapatkan dari web / blog tersebut.

    Harga Jual Website

    Biasanya harga jual website yang di monetize bisa berkisar dari 10x harga dari hasil monetize bulanan yang didapat si pemilik web / blog sebelumnya. Atau seandainya bukan web / blog yang dimonetize, tergantung kesepakatan antara si penjual dan si pembeli.

    Tempat Jual Beli Website

    Untuk market luar kamu bisa menjualnya melalui Flippa.com atau forum – forum luar. Untuk lokal, kamu bisa menawarkan ke forum – forum seperti ads.id ataupun melalui group – group facebook yang berisi tentang jual beli website.

  7. Youtuber

    Profesi yang saat ini lagi banyak digeluti oleh para pelaku online maupun yang baru belajar adalah Youtuber. Ini dikarenakan banyak sekali youtuber – youtuber yang sukses dengan kontenya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar profesi ini benar – benar menghasilkan. Bisa disimak detailnya dibawah ini.

    Bagaimana Menjadi Seorang Youtuber yang Baik?

    Untuk menjadi youtuber yang baik dan pastinya memiliki subscriber yang banyak adalan konsistensi dan selalu menyajikan konten – konten yang bermanfaat. Konten yang disajikan pun merupakan original konten yang kamu buat. Selain konsisten dan konten, selalu bangun chemistry dengan para subscribers kamu sehingga rasa saling memiliki terjalin dan mereka dengan senang hati untuk menonton setiap video – video yang kamu upload.

    Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

    Uang yang di dapat dari Youtube bisa berasal dari pendapatan iklan dari Google, tetapi tidak hanya disitu saja tetapi kamu bisa juga menghasilkan uang dari endorsement ataupun iklan produk yang masuk pada channel kalian.

  8. Aplikasi Mobile

    Jika kalian seorang developer (pengembang) aplikasi mobile, kalian bisa mendapatkan uang dari internet melalui aplikasi yang kalian buat. Bisa melalui iklan yang dipasang ataupun bisnis jual beli aplikasi atau bahkan ke jasa pembuatan aplikasi mobile baik untuk Android maupun iOS.

    Cara Membuat Aplikasi Mobile

    Jika kalian seorang developer, maka pastinya kalian sudah memiliki keahliah khusus. Nah, bagaimana jika kalian bukan seorang yang memiliki basic sebagai seorang developer? Bagi kalian yang ingin hanya membuat aplikasi sederhana android dan memonetizenya, sudah banyak tools – tools online yang bisa digunakan. Dengan sekali klik maka aplikasi sudah terbuat dan siap untuk di upload ke Google Play.

    Jual Aplikasi Mobile

    Jika kalian sudah membuat aplikasi yang bagus, baik android maupun iOS dan ingin menjualnya kalian bisa menjualnya di marketplace seperti Flippa.com. Disana kalian bisa memberikan harga tawaran yang tinggi untuk tiap aplikasi kalian. Dan pastinya kalian akan mendapatkan pengasilan online yang besar.

  9. Jasa Pembuatan Website

    Cara selanjutnya yang bisa diaplikasikan untuk mencari uang dari online adalah dengan membuka jasa pembuatan website yang dipasarkan secara online. Untuk memasarkan secara online kamu juga harus memiliki kemampuan Search Engine Optimization (SEO), yaitu teknik pemasaran online dimana menempatkan website yang kita miliki untuk berada di halaman pertama Google.

    Harga Pembuatan Website

    Harga yang ditawarkan tiap website berbeda – beda, tergantung kesulitan dalam membuatnya. Dan tiap penyedia jasa pun memiliki harga yang berbeda pula. Harga bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan kemampuan kamu.

    Cara Promosi Jasa Pembuatan Website

    Untuk promosi, biasanya bisa dilakukan secara berbayar ataupun gratis. Untuk berbayar bisa membuat iklan di Facebook, Instagram, maupun Google Adwords. Untuk promosi secara gratis bisa melalui forum – forum, group – group facebook, ataupun dari mulut kemulut. Satunya lagi kalian bisa melalukannya dengan tekni SEO tetapi juga butuh waktu dan tenaga.

  10. Stock Gambar

    Tidak hanya pelaku online yang berkaitan dengan teknologi saja, seorang fotografer pun bisa mendapatkan uang dari internet loh. Salah satunya adalah dari hasil karya – karya foto yang dijepret. Foto yang bagus bisa dijual secara online melalui situs stock foto.

    Situs Tempat Menjual Stock Foto

    Ada banyak situs – situs yang bisa kita jadikan tempat menjual stock foto yang kita miliki. Harga tiap foto juga bisa kita sendiri yang menentukan. Ada banyak situs tempat jual stock foto seperti fotolia.com, Shutterstock.com, Dreamstime.com, iStockphoto.com, dan banyak lagi yang lainnya.

    Cara Menjual Stock Foto

    Kamu hanya cukup registrasi ke penyedia layanan dan mengupload gambar yang kalian miliki. Kamu tinggal menunggu calon pembeli yang tertarik dengan foto kamu, atau kamu bisa melakukan promosi sendiri ke forum – forum yang kamu ikuti.

  11. Affiliasi

    Salah satu cara mendapatkan uang dari internet lainnya adalah menjadi seorang Affiliate Marketer. Atau dalam bahasa sederhananya adalah kita membantu menjualkan produk orang lain dan kita akan mendapatkan komisi dari tiap produk yang terjual dari link referensi yang kita sebar. Transaksi biasanya langsung kepada si pemilik produk, kita hanya fokus untuk promosi saja.

    Cara Menjadi Affiliate Marketer

    Untuk menjadi seorang affiliate marketer kalian hanya butuh keahlian ngomong dan membuat sebuah copywriting yang menarik dalam menawarkan sebuah produk. Sebelum itu kalian juga harus membranding diri sehingga kalian memiliki banyak pengikut, dan selalu percaya dengan banyak review produk yang kalian buat. Brandinglah yang baik baik, misalnya kalian adalah orang yang fokus pada bidang bisnis online, kalian harus sering – sering memberikan tips cara berbisnis online yang baik.

    Mencari Produk Affiliasi

    Untuk market lokal sendiri, banyak produk – produk yang bisa di affiliasikan misalnya di Ratakan.com adalah marketplace nya produk digital Indonesia. Disana banyak sekali produk – produk digital yang bisa jual dengan sistem affiliasi. Kamu tinggal pilih produk apa saja yang akan kamu promosikan, dan sudah tertera barapa komisi yang akan didapatkan tiap kali transaksi.

  12. Jika kamu memiliki satu blog atau beberapa blog yang aktif, dan memiliki metrix yang bagus pada blognya misal memiliki PA DA yang tinggi kalian bisa ikutan sistem paid per post. Biasanya kalian akan mendapatkan tawaran langsung oleh pemilik Brand untuk menitipkan sebuah artikel di blog yang anda miliki.

    Cara Mendapatkan Paid Per Post

    Biasa paid per post terjadi ketika blog kita sudah terkenal, tetapi jika belum alangkah baiknya blog yang kita miliki di daftarkan ke sebuah sistem yang dapat mengumpulkan para pemilik brand yang ingin melakukan paid per post dan mereka – mereka yang memiliki blog. Salah satunya adalah sebuah platform yang bernama SOSIAGO, jika kalian penasaran bisa Coba SOSIAGO Influencer Marketing.

    Pembayaran Paid Per Post

    Kamu akan dibayar berdasarkan harga kesepakatan yang sudah disepakati. Setelah job dilakukan dan di review oleh yang punya brand, dan ketika di setuju disitu kita akan mendapatkan penghasilan. Dalam sistem SOSIAGO kita tinggal melihat berapa balance yang ada dan tinggal withdraw untuk masuk ke rekening yang sudah kita verifikasi.

Nah, demikian sedikit informasi mengenai bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet, kesemuanya membutuhkan fokus tidak ada yang hanyak dilakukan setengah – setengah. Setiap apapun yang berhasil dan menghasilkan, semuanya pastinya dilakukan dengan sungguh – sungguh. Semoga informasi diatas bermanfaat dan kalian lebih banyak tahu tentang cara mendapatkan uang dari online. Terima Kasih.

-- ADVERTISEMENT --

Leave a Comment