Cara Merawat Rambut Pria Agar Tetap Sehat

Memiliki rambut yang sehat tidak hanya menjadi keinginan wanita namun juga pria. Namun, banyak yang belum tahu bagaimana cara merawat rambut pria. Agar Anda mendapatkan rambut sehat, ikuti cara perawatan mudah yang dapat dilakukan di rumah seperti berikut ini.

Hindari Terlalu Sering Keramas

Keramas memang baik namun, terlalu sering keramas justru memiliki efek yang kurang baik untuk rambut.

Biasanya, pria sering keramas karena olahraga misalnya setelah futsal. Karena hal tersebut, beberapa bahkan kerap keramas 2x sehari karena merasa gerah dan tidak betah. Sayangnya, terlalu sering keramas justru akan membuat kelembaban alami rambut menjadi hilang dan kulit kepala terlalu kering.

Karena itu, perawatan rambut pria paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah keramas sekali dalam 2 hari atau hanya sehabis berolahraga.

Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena bisa membuang minyak alami untuk rambut dan kulit kepala. Sedangkan jika air terlalu dingin akan menutup pori-pori di kulit kepala.

Gunakan Conditioner

Siapa bilang bahwa hanya wanita saja yang bisa menggunakan conditioner? Pria juga bisa menggunakan conditioner setelah keramas agar rambut pria sehat dan lembut.

Dalam penggunaannya, diamkan terlebih dahulu hingga kandungan conditioner terserap oleh rambut hingga kulit kepala. Dengan begitu, folikel rambut juga akan lebih kuat.

Untuk hasil terbaik, gunakan jenis conditioner yang memiliki kandungan mineral dan protein untuk kesehatan rambut pria. Selain itu, conditioner rambut pria juga memiliki fungsi untuk melembabkan atau menyeimbangkan rambut yang kering karena penggunaan shampoo.

Jadi, rambutAnda akan lebih bernutrisi, sehat dan memiliki kilau alami.

Keringkan Rambut dengan Halus

Setelah menggunakan produk perawatan rambut priaseperti shampoo dan conditioner, keringkan rambut dengan cara ditepuk atau diangin-anginkan. Hindari menggosok rambut terlalu kasar karena rambut basah cenderung lebih rapuh.

Menggosok rambut terlalu kasar ketika basah juga bisa membuat kutikula rambut menjadi rusak.

Anda bisa saja menggunakan pengering rambut namun hindari penggunaan yang terlalu sering. Suhu panas dari hairdryer ini akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering. Sedangkan jika ingin menyisir, gunakan sisir bergigi besar agar rambut tidak tertarik dan rontok ketika disisir.

Hindari Menggunakan Produk Rambut Terlalu Banyak

Karena ingin terlihat keren dan rapi, produk rambut seperti pomade, pewarna rambut, hairspray, penghitam rambut, kerap dipergunakan. Namun, penggunaan produk rambut tersebut justru akan membuat rambut menjadi berat. Akibatnya, Anda menjadi tidak nyaman dan rambut rusak jika rambut tidak dirawat dengan baik.

Perhatikan Asupan Makanan

Merawat rambut tidak hanya cukup dengan produk perawatan rambut pria yang tepat saja, namun tetap harus mendapatkan nutrisi dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi seperti berikut:

  • Protein : untuk mencegah rambut rontok, kusut, menambah kekuatan akar rambut , menambah keindahan alami rambut.
  • Vitamin C : menjaga warna alami rambut, memperkuat rambut agar rambut tidak mudah rontok, menjaga kelembaban rambut.
  • Zatbesi : mengurangi keindahan rambut karena zat besi akan membantu meningkatkan suplai oksigen untuk rambut.
  • Vitamin E : membantu memperlancar sirkulasi aliran darah pada kulit kepala, mencegah kerontokan rambut, memproduksi minyak pada permukaan rambut.

Pilih Sisir yang Tepat

Cara menebalkan rambut ini akan membuat rambut Anda menjadi lebih bervolume. Sesuaikan jenis sisir dengan rambut Anda. Selain itu, pastikan juga bagaimana kondisi sisir yang Anda gunakan.

Rambut Anda menjadi cepat lepek jika menggunakan sisir yang kotor. Jadi, bersihkan sisir dengan teratur agar rambut Anda tetap indah bervolume.

Gunakan Minyak Zaitun

Bagi Anda yang kerap terpapar polusi udara, sering berkendara umum dan menggunakan helm, Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun untuk rambut akan sangat membantu Anda mengatasi ketombe dan kusam.

Hal tersebut disebabkan karena minyak zaitun akan membantu untuk mencegah munculnya minyak yang berlebihan yang menjadi penyebab ketombe.

Untuk hasil terbaik, pilih minyak zaitun murni lalu oleskan pada pangkal rambut. Lakukan cara ini setidaknya 1 bulan sekali. Agar setelah penggunaan tidak membuat rambut berminyak, sebaiknya gunakan 1 jam sebelum Anda keramas.

RutinPotongRambut

Rutin memangkas rambut akan sangat membantu untuk mengatasi rambut kusam dan bercabang. Jikapun Anda memanjangkan rambut, potong bagian ujung rambut setidaknya 1 kali dalam 6-8 minggu. Dengan begitu, bagian rambut yang rusak akan hilang dan rambut Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Jika Anda ingin melakukan perawatan untuk rambut sambil relaksasi atau mencoba model rambut baru, langsung saja ke Giovani Barbershop. Di tempat ini, Anda bisa memilih perawatan tidak hanya untuk rambut namun juga untuk wajah. Dengan begitu, Anda akan terlihat fresh dan terlihat awet muda.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan stylish yang ramah di https://giovanibarbershop.com. Dengan begitu, Anda bisa memiliki potongan rambut dan perawatan yang tepa tuntuk Anda.

Jadi, dengan cara merawat rambut pria tersebut, Anda akan tetap memiliki rambut yang indah walaupun Anda memiliki kesibukan yang padat.

Tinggalkan komentar