Cek Fakta-Fakta Berikut Ini Sebelum Mengasuransikan Mobil Anda

Asuransi mobil sangat penting untuk melindungi kondisi finansial Anda apabila terjadi sesuatu pada kendaraan kesayangan seperti kerusakan atau kehilangan yang kadang sulit dihindari.

Apabila memiliki asuransi, Anda dapat terbebas dari kebingungan apabila mobil mengalami kerusakan atau kehilangan.

Dengan asuransi mobil, Anda dapat meminimalkan pengeluaran akibat risiko berkendara, adanya pertanggungjawaban dari perusahaan asuransi, dan adanya layanan tambahan yang akan Anda dapatkan dari perusahaan asuransi.

Anda bisa memilih asuransi mobil Total Loss Only (TLO) yang hanya memberikan sebagian perlindungan pada mobil, atau asuransi All Risk yang memberikan perlindungan menyeluruh. Anda dapat menyesuaikan asuransi mobil anda sesuai dengan kebutuhan.

Setelah memilih salah satu jenis proteksi pada kendaraan, jangan lupa juga untuk membayar premi asuransi mobil di setiap bulan atau setiap setahun sekali sesuai dengan kesepakatan pihak asuransi.

Jika Anda memilih asuransi All Risk untuk mobil bekas premi yang harus dibayarkan pun lebih besar. Sebab, perlindungan yang diberikan menyeluruh.

Buat lebih jelasnya mengenai asuransi mobil mari cek fakta-fakta berikut ini!

Tips Memilih Asuransi Mobil

Sebelum mulai melakukan asuransi, Anda hendaknya mempertimbangkan hal-hal di bawah ini :

  1. Pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan

Jangan sampai anda mengambil jenis asuransi yang dapat membebani pengeluaran bulanan anda. Pilihlah jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda.

  1. Perhatikan harga premi

Sebelum menandatangani polis, pastikan terlebih dahulu keuntungan seperti apa yang akan anda dapatkan.

  1. Bandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi

Sebelum mengambil asuransi, tidak ada salahnya anda melakukan perbandingan pada beberapa perusahaan asuransi. Pastikan perusahaan memberikan keuntungan, manfaat lengkap, dan harga yang terjangkau.

  1. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

Pentingnya memilih perusahaan asuransi yang kredibel dan terpercaya adalah karena pertimbangan kualitas yang mereka berikan kepada nasabah.

  1. Pilih perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan banyak bengkel

Hal yang perlu anda pertimbangkan adalah pilihlah perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan banyak bengkel agar apabila terjadi sesuatu pada kendaraan anda di suatu wilayah, mobil anda dapat dengan mudah segera diperbaiki.

Cek Premi Asuransi Mobil

Premi merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan sebagai kewajiban oleh pemegang polis (perjanjian) asuransi kepada perusahaan asuransi.

Besaran premi asuransi mobil sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai hukum yang berlaku dan tergantung wilayah di mana kendaraan beroperasi.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi besarnya premi asuransi kendaraan adalah sebagai berikut :

  1. Jenis asuransi mobil

Jenis asuransi mobil akan mempengaruhi besaran premi. Terdapat dua jenis asuransi mobil yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk atau Komprehensif. Perbedaannya terletak pada biaya yang akan ditanggung pihak asuransi bila mobil kita mengalami masalah.

Asuransi TLO hanya akan menanggung kerugian jika kendaraan mengalami kerusakan diatas 75%. Sedangkan All Risk akan menanggung seluruh kerusakan baik besar maupun kecil sesuai kesepakatan di awal.

Dengan adanya perbedaan ini, premi yang harus dibayarkan pun berbeda, karena perlindungan asuransi All Risk lebih menyeluruh, maka premi yang harus dibayarkanpun lebih besar. Tak hanya untuk mobil baru, asuransi all risk untuk mobil bekas juga bisa dilakukan.

  1. Nilai kendaraan

Nilai mobil juga mempengaruhi nilai premi yang harus dibayarkan. Semakin tinggi nilai mobil, maka premi yang dibayarkan juga semakin besar, begitu pula sebaliknya.

  1. Usia mobil

Semakin tua usia mobil, premi yang dibayarkan semakin besar. Mengapa demikian? Ini karena usia mobil yang tua akan memiliki resiko kerusakan yang lebih tinggi dibanding mobil baru dan ketahanan mesin pun menurun.

  1. Jenis plat kendaraan

Nilai premi asuransi mobil sudah diatur dalam surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membagi tarif premi berdasarkan daerah.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa besaran premi asuransi mobil sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai hukum yang berlaku dan tergantung wilayah dimana kendaraan beroperasi dan harga dari mobil.

Dalam surat edaran tersebut juga sudah dibedakan besaran premi untuk asuransi Total Loss Only (TLO) dan All Risk atau komprehensif.

Bahkan, ada beberapa asuransi yang mempertimbangkan hal lain juga, seperti usia pengemudi, jenis kelamin, rekam jejak kredit, dan lokasi dalam penerapan besaran premi.

Secara sederhana, berikut ini adalah rumus hitung biaya premi asuransi mobil :

Persentase premi (disesuaikan dengan jenis pertanggungan mobil, kategori wilayah, dan harga mobil) X harga mobil.

Lalu bagaimana cara klaim asuransi mobil?

  1. Lapor paling lambat 5X24 jam setelah kejadian
  2. Lapor melalui SMS, telepon, WA, aplikasi, atau datang ke kantor perusahaan asuransi
  3. Melengkapi dokumen seperti SIM, STNK, dokumen polis, formulir klaim, foto bukti kerusakan atau kecelakaan.
  4. Tim asuransi akan melakukan survey dan analisis untuk menghitung estimasi kerugian.
  5. Setelah hasil survei keluar, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi yang sesuai.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar