11 Aplikasi Edit Foto Kelas Fotografer

JogjaLib.net – Zaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang mengabadikan setiap momen dalam sebuah jepretan kamera. Namun, tak cukup hanya dengan bidikan semata, kadang mereka harus mengubah tampilan foto agar menjadi lebih menarik.

Itulah yang membuat para fotografer harus selalu mempunyai aplikasi pengolah foto yang bisa membantunya dalam edit berbagai jepretan tersebut. Namun terkadang kita dibuat gemas dan bingung dengan banyaknya aplikasi edit foto yang belum sesuai dengan keinginan kita.

Alih-alih membuat foto menjadi estetik, terkadang ada saja aplikasi yang fiturnya masih itu-itu saja. Lalu, apa saja sih aplikasi yang bisa dipakai untuk mengolah berbagai foto, agar bisa menjadi sebuah foto sekelas fotografer professional? Berikut rekomendasinya untuk kalian.

Aplikasi Edit Foto – Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express
Aplikasi Edit Foto Adobe Photoshop Express

Bila kalian belum tahu, aplikasi edit foto yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa dibilang sangat mudah digunakan. Hal itu karena hanya dilengkapi dengan beberapa sentuhan pada natar muka yang sederhana, namun bisa membuat foto kita tampil lebih apik.

Selain itu, fitur-fitur yang dibuat begitu ringan, sehingga siapa saja yang baru mengenal atau menggunakannya, dapat dengan mudah beradaptasi dengannya. Pada aplikasi ini terdapat blemish-removal, yaitu sebuah fitur yang mana kamu bisa membersihkan foto dari kotoran atau noda yang mengganggu pada foto hasil jepretan anda.

Aplikasi Edit Foto – Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom
Aplikasi Edit Foto Adobe Photoshop Lightroom

Tak jauh berbeda dengan Adobe Photoshop Express, karena aplikasi ini masih merupakan satu paket dengan Adobe System. Mengapa masih satu sistem? Karena, fitur atau alat pengolahnya masih dirancang dengan serupa dengan versi komputernya.

Kegunaan aplikasi ini adalah bisa dipakai untuk memperbaiki gambar dengan meningkatkan kualitas fotonya. Hebatnya, aplikasi ini juga bisa dipakai dalam memani[ulasi warna sesuai dengan selera pada editornya. Selain itu, bisa juga mengubah resolusi gambar agar lebih jernih.

Namun, fitur atau alat pengolah yang paling sering digunakan disini adalah adjusment brush dan spot removal, yang mana fitur ini bisa membersihkan hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti misalnya jerawat pada wajah yang terlihat pada hasil jepretan.

Aplikasi Edit Foto – Photo Lab

Photo Lab
Aplikasi Edit Foto Photo Lab

Sedikit berbeda dengan aplikasi yang disebutkan diatas, Photo Lab ini memiliki fitur yang bingkai, efek, filter dan kolase yang sangat bervariasi. Menariknya, selain bisa digunakan untuk edit foto pada umumnya, bisa jug digunakan untuk montase atau fitur tukar wajah.

Selain itu, aplikasi ini bisa menggabungkan beberapa efek secara bersamaan agar hasilnya lebih unik dan keren. Dengan menggunakan aplikasi ini, kegiatan editing fotomu jadi lebih sederhana, cepat, praktis dan efisien.

Aplikasi Edit Foto – PicsArt

PicsArt
Aplikasi Edit Foto PicsArt

Siapa yang tidak mengetahui keberadaan salah satu aplikasi yang banyak diunduh ini? Karena program desain yang sangat baik untuk digunakan mengedit foto, PicsArt begitu digemari. Salah satu faktornya yaitu karena fitur dekorasi dan filter unik yang dimilikinya.

Di dalamnya sendiri terdapat aplikasi kamera, alat unutk menggambar, mengolah foto, menambahkan efek, dan juga bisa digunakan untuk edit platform sosial. selain itu, terdapat banyak sekali pilihan fitur yang semakin menarik para editor foto.

Fitur-fitur tersebut diantaranya ada fitur bolders, clipart, collages, crop, frame, rotate, stiker, text effect dan lain sebagainya. Selain itu dibuat lebih menarik dengan adanya magic effect, yang fungsinya untuk membuat foto terlihat lebih bagus dan terkesan hidup.

Aplikasi Edit Foto – PicSay

PicSay
Aplikasi Edit Foto PicSay

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu aplikasi gratis dan pro. Namun, keduanya merupakan sama-sama aplikasi yang bisa dibilang intuitif, ringan, serta sangat mudah digunakan, meskipun terdapat beberapa perbedaan yang disajikan.

Secara garis besar, PicSay ini menyediakan beberapa fitur seperti memperbaiki warna foto, menambahkan judul atau balon percakapan, bahkan bisa memanipulasi foto seperti menggabungkan dua foto atau lebih. Ada juga remove red eye dan lain sebagainya.

Aplikasi Edit Foto – Pixlr

Pixlr
Aplikasi Edit Foto Pixlr

Aplikasi edit foto yang satu ini sangat efektif dan mudah untuk dioperasikan, karena dirancang dengan sederhana supaya mudah digunakan oleh siapapun. Pixlr ini menawarkan beberapa alat atau fitur yang menarik seperti border, efek dan overlay. Apabila kamu ingin mencobanya, bisa diunduh melalui App Store dan Play Store.

Aplikasi Edit Foto – Prisma

Aplikasi Edit Foto Prisma
Aplikasi Edit Foto Prisma

Sedikit berbeda dengan yang lain, Prisma ini menawarkan efek foto yang begitu artistik. Sehingga aplikasi ini bisa kalian gunakan apabila menginginkan aplikasi edit foto yang sedikit lebih estetik. Ada banyak pilihan menu, alat maupun fitur didalamnya, seperti artistic filter yang dilengkapi dengan sangat keren.

Setelah kamu menggunakan atau mengedit foto, bahkan kamu juga bisa berbagi menggunakan aplikasi ini, yaitu pada fitur Prisma feed. Fitur Prisma feed ini juga memiliki beberapa pilihan yang bisa kamu pilih salah satunya, entah kamu mau pilih ke tempat penyimpanan perangkat, kirim lewat email, pesan, atau membagikanny asecara langsung ke sosial media.

Aplikasi Edit Foto – Snapseed

Aplikasi Edit Foto Snapseed
Aplikasi Edit Foto Snapseed

Snapseed ini merupakan aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan ternama, yaitu Google. Aplikasi ini dirancang dengan tampilan sederhana dan mudah, juga didukung dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Di dalamnya, Snapseed ini mempunyai beberapa fitur dasar untuk editing dan filter foto, seperti crop, kuas, kecerahan, kurva, filter selektif, rotasi, penyesuaian ulang edit, dan lainnya. Namun selain itu, terdapat juga fitur unggulan seperti expand, yaitu alat yang hampir sama dengan fitur content aware fill kepunyaan Photoshop.

Bahkan jika kamu kesulitan menggunakan aplikasi ini, tidak perlu khawatir karena sudah dilengkapi dengan video tutorial, untuk membantuu menguasai alat dan filter tertentu.

Aplikasi Edit Foto – VSCO

Aplikasi Edit Foto VSCO
Aplikasi Edit Foto VSCO

VSCO merupakan aplikasi editing foto yang menarik dan memiliki koleksi filter yang beragam. Berbagai filter yang disediakan didalamnya, pada umumnya dirancang untuk meniru film analog, klasik maupun modern. Bahkan setiap filter ini bisa digunakan sesuai dengan keinginan kita.

Perlu kalian tahu, berbagai fitur yang disajikan dalam aplikasi ini juga sangat keren-keren, dan lebih menyesuaikan dengan keinginan para editor masa kini.

Aplikasi Edit Foto – Photoscape

Aplikasi Edit Foto Photoscape
Aplikasi Edit Foto Photoscape

Aplikasi atau software ini menjadi salah satu rekomendasi untuk anda gunakan, karena lebih mudah ditemui serta mudah digunakan. Fiturnya sendiri cukup menarik dan sederhana, tentunya juga dapat diterapkan pada foto yang diolah, selain itu terdapat berbagai efek seperti vintage dan lainnya.

Aplikasi Edit Foto – GIMP

Aplikasi Edit Foto GIMP
Aplikasi Edit Foto GIMP

Software atau aplikasi gratis ini menyediakan beberapa fitur yang lengkap seperti layer, brush, filter, color correction, resize, crop, serta pilihan fitur lainnya. Bahkan sudah disukung dengan kompabilitas dalam membaca berbagai format gambar atau foto, seperti JPG hingga PSD sekalipun.

Dari sekian rekomendasi dan referensi edit foto diatas, semuanya merupakan aplikasi yang telah dirancang dengan fitur yang sangat keren. Sehingga dapat digunakan untuk mengolah foto agar terlihat seperti editing foto kelas professional, yang kini bisa kamu coba salah satunya. Aplikasi apa saja yang membuatmu tertarik untuk mencoba?

Itu kenapa sangat penting untuk mencoba aplikasi edit foto terbaru agar tidak ketinggalan zaman. Segala halnya serba diperbaruhi. Tentu saja hal ini akan membuat adanya dampak positif dan juga negatif. Namun alangkah lebih baiknya jika bijak dalam menggunakan setiap aplikasi yang terbaru melalui perkembangan teknologi yang selalu diperbarui.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Aplikasi Edit Foto
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Comment