Jenis-jenis Layanan SMS Gateway, Mana yang Paling Menarik untuk Anda?

Jenis-jenis Layanan SMS Gateway – SMS Gateway merupakan sebuah sistem, aplikasi atau software yang digunakan untuk mengirim pesan dengan komunikasi dua arah. Umumnya digunakan untuk keperluan bisnis seperti promosi, pengenalan produk DLL. Beberapa instansi pemerintah juga menggunakan layanan ini untuk memberikan informasi kepada masyarkat. Jika ingin menggunakan SMS Gateway, tentunya anda harus terhubung dengan salah satu provider yang ada.

Komunikasi dua arah yang terjadi ketikan menggunakan SMS Gateway memungkinkan anda untuk terus berkomunikasi dengan pelanggan. Itu artinya dapat meningkatkan loyalitas dan juga kepercayaan pelanggan kepada usaha yang anda jalankan. Selain itu juga dapat membangun brand jika memang itu tujuan utama anda melakukan promosi.

Jenis-jenis Layanan SMS Gateway

Jenis-jenis Layanan SMS Gateway
Jenis-jenis Layanan SMS Gateway

Berbeda jika anda menggunakan layanan SMS langsung melalui ponsel atau modem, SMS Gateway mempunyai beberapa jenis layanan lain yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan promosi. Beberapa jenis layanan berikut mungkin perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

SMS Reguler

Sama seperti SMS pada umumnya, menggunakan SMS Gateway juga ada fitur reguler dengan batasan 160 karakter untuk satu SMS nya. yang perlu diketahui adalah, karakter tersebut juga termasuk angka, spasi dan juga simbol apapun yang dimasukkan.

SMS Multimedia

Perkembangan dunia digital menuntut layanan SMS Gateway untuk dapat mengirimkan pesan selain teks. Dalam layanan ini, anda dapat menggunakan gambar atau audio kedalam konten. Biasanya tarif layanan ini lebih mahal daripada fitur reguler.

SMS Broadcast

Tujuannya adalah untuk kemudahan anda berkomunikasi langsung dengan pelanggan, maka layanan selanjutnya tidak lain adalah SMS broadcast yang memungkinkan anda dapat mengirim SMS bersamaan (bulk) kepada setiap nomor yang dituju. Dengan layanan ini, anda tidak perlu mengirim satu-satu kepada setiap konsumen, satu pengiriman dapat menjangkau semua nomor yang dituju.

SMS Masking

Layanan ini tidak akan anda dapatkan jika menggunakan SMS bisa. SMS masking memungkinkan anda untuk menyisipkan kode pengirim yang bisa digunakan sebagai nama pengirim. Jika anda bingung, pastinya pernah mendapatkan SMS dengan menggunakan nama operator yang digunakan, ya itulah yang dimaksud dengan SMS masking.

SMS Targeted

Sesuai namanya, anda bisa mengirimkan SMS kepada target yang benar-benar relevan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan.  Misalkan saja anda ingin menyaring sesuai dengan jenis kelamin, usia, lokasi DLL. Hal ini akan membantu anda agar SMS yang dikirimkan tidak salah sasaran.

SMS Location Based Advertising

Layanan SMS berdasarkan lokasi penerima atau biasa dikenal dengan LBA (Location Based Advertising) ini juga dapat membantu anda agar tidak salah sasaran. Sama halnya dengan yang diatas, namun kali ini lebih spesifik dilihat dari lokasinya saja.

SMS Interactive Services

Apabila tujuan utama anda adalah untuk mendapatkan loyalitas  pelanggan, layanan SMS Interactive Services mungkin bisa dicoba. Biasanya layanan ini akan memberikan opsi  balasan kepada penerima. Jadi anda dan konsumen bisa langsung terhubung. Atau bisa juga dijadikan untuk melakukan survey maupun poling mengenai produk yang anda miliki.

 Flash SMS

Berbeda dengan SMS biasa yang tampilannya hanya muncul pada sebagian layar ponsel, Flash SMS dapat muncul di layar secara penuh dan tidak akan hilang sebelum dibaca. Layanan ini biasanya untuk pesan darurat atau peringatan, dan akan hilang setelah dibaca oleh penerima, artinya pesan ini tidak akan tersimpan di memori telepon.

Email to SMS

Layanan ini sudah jelas dari namanya, yaitu pengguna dapat mengirimkan pesan dalam bentuk konten promosi yang nantinya akan terkirim kepada nomor yang dituju. Sebelumnya, pesan melalui email tersebut dikirim terlebih dahulu kepada SMS Gateway yang kemudian diteruskan ke nomor penerima.

Web SMS

Web SMS memungkinkan anda untuk mengakses SMS Gateway melalui jaringan internet sehingga anda dapat membukanya kapan saja dan dimana saja. dengan layanan ini, anda tidak harus selalu menggunakan software atau aplikasi yang ada karena dapat dilakukan dan dikontrol melalui website atau sejenisnya.

Itulah jenis-jenis dari layanan SMS Gateway pada umumnya. Jadi, apakah ada salah satunya yang membuat anda tertarik untuk segera menggunakannya?

Tinggalkan komentar