Kesalahan Saat Membeli Mobil Bekas

Kesalahan Saat Membeli Mobil Bekas – Memutuskan untuk membeli mobil dalam keadaan bekas adalah pilihan tetap untuk Anda yang minim budget. Apalagi jika membelinya di SEVA pusat mobil murah.

Artikel ini tak hanya akan membahas seputar SEVA. Namun lebih kepada kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan saat membeli mobil bekas.

Kesalahan saat membeli mobil bekas yang sering terjadi

Dari waktu ke waktu harga mobil baru kian melambung tinggi tak terhingga. Meski pada akhirnya harga depresiasinya akan turun jauh, namun ini tetap saja menyulitkan bagi pemilik dana  minim.

Hal inilah yang akhirnya mendorong pilihan untuk membeli mobil dalam keadaan bekas. Selain memang harganya jauh lebih murah, kualitas barang bekas pakai ini juga tak kalah dengan yang baru.

Hanya saja saat membeli mobil bekas ada saja kesalahan-kesalahan yang jarang disadari oleh calon pembeli. Kesalahan-kesalahan tersebut meliputi:

  1. Lupa menanyakan tentang sejarah mobil

Saat membeli mobil bekas kesalahan yang kerap terlewati adalah tidak menanyakan tentang sejarah mobil. Padahal hal ini wajib sekali untuk mengantisipasi kejadian tak terduga di kemudian hari.

Jika memungkinkan, jangan beli mobil yang memiliki riwayat fatal seperti kecelakaan hingga rusak mesin. Jangan juga membeli mobil yang mana odometernya dapat diatur ulang atau yang terendam banjir.

Anda juga harus menanyakan apakah ia sebelumnya adalah mobil sewaan atau mobil yang berurusan dengan leasing. Tujuannya agar tidak menjadi sumber kerugian Anda di masa mendatang.

  1. Buta akan mesin dan komponen mobil

Ini adalah kesalahan saat membeli mobil yang paling fatal. Padahal saat akan membeli kendaraan bekas Anda harus jeli mengecek seputar mesin.

Nah, jika Anda buta akan hal itu lalu bagaimana bisa mengerti tentan baik dan tidaknya mobil tersebut?

Salah satunya jalan adalah membawa teman yang memang paham tentang mesin mobil. Jika memungkinkan dia adalah orang yang bekerja dalam bidang srvice mobil berpengalaman.

Ikuti arahan dari rekan yang Anda ajak untuk melihat kelayakan mesin mobil yang akan dibeli. Jika ia menilai bahwa mesin tersebut tidak dalam kondisi baik sebaiknya urungkan niat Anda.

  1. Terlalu terburu-buru saat mencoba mobil

Setelah memeriksa semua kondisi mesin mobil, Anda biasanya diminta untuk test drive. Ini berguna untuk mengetahui performa mesin mobil mencakup getaran mesin, suara dan juga asap pada knalpot.

Nah, pada fase ini biasanya banyak calon pembeli yang terlalu buru-buru melakukan test drive. Padahal ini adalah sebuah kesalahan karena Anda kurang teliti dan grusa-grusu.

  1. Tidak mengecek catatan service

Kesalahan selanjutnya yang jarang Anda perhatikan adalah lupa mengecek catatan service. Padahal hal tak kalah penting mengingat mobil tersebut akan Anda gunakan dalam jangka panjang.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menanyakan seputar catatan service kepada penjual atau pihak dealer. Lihat bagaimana trade record service dari mobil yang akan Anda beli.

Usahakan untuk hanya memilih mobil yang riwayat servicenya hanya dari bengkel resmi. Karena ini menandakan bahwa mobil tersebut dirawat dengan baik sehingga Anda tidak menyesal saat membelinya.

  1. Tidak membandingkan harga dengan tipe mobil lain

Karena ingin buru-buru membeli mobil dan menggunakannya, Anda menjadi malah untuk membandingkan harga. Padahal cara ini dapat membantu Anda dalam memilih mobil terbaik sesuai kriteria Anda.

Nah, jika tidak ingin menyesal nantinya, sebaiknya jangan malas untuk melakukan perbandingan harga. Jangan hanya terpaku hanya pada satu mobi tanpa ada pilihan lain.

Tak hanya perbandingan soal harga, Anda juga harus membandingkan dengan kualitas dan performanya. Gali banyak informasi tentang keunggulan dan kekurangan dari tipe mobil yang Anda jadikan kandidat.

SEVA pusat mobil terpercaya

Jika Anda terlalu bingung dan takut melakukan kesalahan  di atas, serahkan saja semua pada SEVA.id. Semua kebutuhan masalah jual beli mobil bekas dan baru Anda akan diurus dengan pelayanan prima.

Untuk Anda yang masih awam dengan SEVA, ia adalah website marketplace yang berada dalam naungan PT Astra Digital Internasional. Karena berasal dari produk Astra, merek mobil yang dijual seperti merk BMW, Toyota, UD Truck, Isuzu, Daihatsu dan juga Peugeot.

Selain melayani dalam hal jual beli mobil, SEVA juga melayani seputar tukar tambah mobil, booking service, pengadaan spare part, property, hingga jasa keuangan.

Semua layanan tersebut dapat Anda akses dengan mudah dan cepat hanya lewat ponsel atau PC. Sehingga dapat dilakukan dimana saja dengan waktu yang fleksibel.

Untuk Anda yang sedang mencari mobil bekas murah juga menyediakan banyak referensi merk mobil dari para expert. Agar Anda tidak salah pilih, disediakan juga layanan inspeksi mobil.

Layanan inspeksi mobil di SEVA pusat mobil bekas ini diberikan secara gratis kepada para pelanggannya. Ini sejalan dengan tujuan SEVA yang ingin memberikan pelayanan terbaik hingga ke seluruh Indonesia.

Nah, tunggu apalagi percayakan masalah jual beli mobil bekas Anda hanya pada SEVA.id. Silakan kunjungi website SEVA.id sekarang dan miliki mobil impian Anda di SEVA pusat mobil murah dan terpercaya.

Sumber:

https://www.cermati.com/artikel/5-kesalahan-umum-saat-membeli-mobil-bekas

https://otospector.co.id/blog/kesalahan-membeli-mobil-bekas

https://www.mobil88.astra.co.id/mobil88/in/blog/Kesalahan-Umum-Saat-Membeli-Mobil-Bekas

Tinggalkan komentar