Mengenal Kucing Anggora, Si Manis yang Sangat Populer di Dunia

JogjaLib.net – Kucing adalah salah satu hewan yang cenderung mudah bersahabat dengan manusia. Makanya tidak heran jika kemudian banyak orang yang memutuskan untuk merawat binatang satu ini di rumah. Kamu juga bisa memilih kucing jika ingin mempunyai hewan peliharaan.

Ada banyak jenis ras kucing yang bisa kamu pilih, salah satunya ialah anggora. Jenis kucing satu ini begitu populer di dunia karena kecantikannya. Jika kamu memang tertarik untuk memilikinya, sebaiknya kenali dulu kucing anggora ini melalui penjelasan singkat di bawah ini.

Alasan Kenapa Orang Suka Memelihara Kucing

Kucing Anggora Lucu Banget
Alasan Orang Memelihara Kucing Anggora

Tapi, sebelum membahas tentang kucing anggora lebih jauh, mari cari tahu dulu alasan kenapa banyak orang suka memelihara kucing. Alasan yang pertama ialah kucing itu tidak memerlukan ruang yang besar karena tubuhnya cenderung kecil. Memang ketika memeliharanya nanti kamu perlu memberikan ruang yang khusus untuknya tidur.

Namun ini juga bukan masalah karena sebenarnya kucing itu bisa tidur di mana saja. Selain alasan ruang, orang yang memelihara kucing ini juga tidak akan terlalu repot memandikannya karena kucing termasuk hewan yang bersih. Kucing pun tidak masalah bila tidak diajak jalan-jalan secara rutin seperti anjing.

Dan apabila hendak dibandingkan dengan hewan satu tersebut, kucing cenderung lebih tenang. Memang ada beberapa kucing yang cerewet, tetapi setidaknya suara mereka tidak sekeras gonggongan anjing. Cocok juga buat kamu yang tidak terlalu suka dengan hewan bersuara keras.

Sejumlah Fakta Mengenai Kucing Anggora

Kucing Anggora Putih
Fakta Kucing Anggora

Setelah mengulik sejumlah alasan orang-orang memelihara kucing, sekarang mari bicarakan mengenai fakta-fakta kucing anggora. Diketahui bahwa jenis kucing ini diambil dari nama sebuah kota di Turki, yaitu Ankara. Kucing ini juga termasuk ras domestik yang tertua di dunia.

Pada abad ke-17, kucing jenis ini diperkenalkan serta dibudidayakan di Eropa. Kemudian pada abad ke-18, malah menjadi binatang peliharaan yang favorit di Kerajaan Perancis. Namun awal abad ke-20 setelahnya, mereka hampir punah dan akhirnya berhasil diselamatkan oleh Kebun Binatang Ankara.

Meskipun berhasil diselamatkan, sayangnya kucing anggora yang banyak terdapat di Indonesia sekarang ini bukanlah yang asli. Karena hanya merupakan hasil perkawinan silang saja.

Ciri-Ciri Kucing Anggora yang Asli

Kucing Anggora Yang Asli
Ciri – Ciri Kucing Anggora Yang Asli

Pastinya, antara kucing anggora asli dan yang hanya merupakan hasil perkawinan silang sangatlah berbeda. Karena itu, kalau kamu ingin memelihara kucing satu ini, maka kamu harus tahu perbedaan keduanya supaya tidak tertipu. Kucing yang asli mempunyai ciri-ciri khusus yang tidak terdapat pada kucing hasil perkawinan silang.

Diantara ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh kucing asli ialah bentuk kepalanya yang menyerupai segitiga terbalik. Bagian atas kepala ini lebih lebar dibandingkan dengan bagian bawahnya. Sementara bulu yang ada di sekitar wajahnya tidak terlalu panjang.

Lanjut ke bagian telinga. Bagian bawah telinga kucing anggora yang asli lebih lebar dibandingkan dengan bagian ujungnya. Jarak antar kedua telinga juga cukup berdekatan dan bulu-bulu yang ada di sanapun tidak terlalu panjang.

Kemudian untuk mata, bentuknya seperti almond dengan posisi yang agak miring ke atas. Biasanya warnanya kuning, tetapi ada juga yang berwarna lain. Untuk wajahnya sendiri, kucing ini tampak lebih lonjong dengan hidung yang mancung. Namun hidung tersebut tampak seperti mengarah ke atas sehingga lubangnya sedikit terlihat.

Jika dilihat secara keseluruhan, tubuh kucing yang asli begitu langsing dan lumayan panjang. Bagian belakangnya juga agak lebih tinggi dari bagian depannya, dengan keempat kaki yang tampak tinggi. Ekornya juga unik. Ekor ini dipenuhi oleh bulu-bulu yang tebal dan lebat serta lebih panjang dibandingkan anggota tubuh yang lain.

Jika hendak diibaratkan, ekor tersebut menyerupai kemoceng atau ekor rubah. Sementara untuk kondisi bulunya sendiri, ini bisa berubah sesuai dengan cuaca lingkungan. Misalnya, saat cuaca sedang panas, bulu tersebut akan lebih pendek. Tetapi saat cuaca sedang dingin, bulunya akan tumbuh lebih cepat dan halus.

Ciri lainnya ialah, apabila dijual harganya lumayan mahal dan dimulai dari angka jutaan rupiah. Jadi, kalau ada yang jual kucing anggora murah, kamu wajib curiga bahwa kucing tersebut adalah hasil persilangan.

Baca juga : Pakaian Adat Jawa

Kepribadian Kucing Anggora

Kucing Anggora Hitam
Kepribadian Kucing Anggora

Harga kucing anggora asli yang fantastis tersebut jelas bukan tanpa alasan. Tetapi karena memang kucing ini mempunyai tampilan yang berkelas dan elegan. Baik cara berjalan maupun cara duduknya begitu anggun. Pastinya, kucing satu ini tidak hanya cantik dari segi fisiknya saja, tetapi dari segi kepribadiannya juga.

Berbicara soal kepribadian, anggora dikenal ramah dengan manusia. Mereka mampu mengenali tuannya beserta anggota keluarga yang lainnya. Tingkat kecerdasannya cukup tinggi dan memang juga dikenal sebagai hewan yang punya banyak akal.

Karena sifatnya yang mudah ramah itulah, kucing ini bisa bermain dengan orang-orang di sekelilingnya tanpa rasa canggung. Kemampuan adaptasinya sangat baik. Bahkan mereka juga bisa hidup rukun dengan hewan peliharaan lainnya termasuk anjing.

Pergerakannya cepat sehingga bisa juga diajak berburu. Meski demikian, anggora bukanlah jenis kucing yang agresif. Bahkan cenderung penurut. Kucing ini juga tidak suka bila ditinggal sendirian. Makanya setiap orang yang memeliharanya sebaiknya tidak meninggalkannya terlalu lama supaya mereka tidak depresi.

3 Jenis Kucing Anggora yang Ada Sekarang Ini

Kucing Anggora Abu Abu
Jenis Jenis Kucing Anggora

Setelah mengenal ciri-ciri kucing anggora yang asli berikut dengan kepribadiannya, kamu juga harus tahu bahwa kucing ras ini sekarang ada 3, yakni sebagai berikut.

  1. Pure Breed

Pure breed ialah anggora yang asli, yang benar-benar merupakan hasil perkawinan dari sesama jenis anggora. Dan karena masih keturunan asli, sudah pasti untuk jenis pertama ini harganya sangat mahal. Kisarannya sendiri adalah di atas 5 juta.

  1. Anggora Persia Mix Breed

Kemudian untuk anggora Persia mix breed, ini adalah hasil perkawinan silang antara ras anggora dengan ras Persia. Harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan yang pure breed.

  1. Anggora Local Mix Breed

Lalu untuk anggora local mix breed, sesuai dengan namanya, ini adalah hasil kawin silang anggora dengan ras lokal. Jenis yang ketiga ini harganya paling murah dibandingkan dengan kedua jenis lainnya, dengan kisaran yang bahkan tidak mencapai 1 juta.

Jadi, kalau kamu mendapati adanya anggora yang dijual hanya dengan kisaran ratusan ribu rupiah, ada kemungkinan kucing tersebut termasuk dalam kategori yang ketiga ini.

Baca juga : Pakaian Adat Betawi

Masalah Kesehatan yang Biasa Mengenai Kucing Anggora

Kucing Anggora Anakan
Masalah Kesehatan Kucing Anggora

Dari ketiga jenis kucing anggora yang ada di atas, masing-masing mempunyai resiko yang besar untuk terkena masalah kesehatan. Diantara masalah kesehatan tersebut ialah penyakit saluran kencing, muntah-muntah serta parasit yang ada di bagian bulu dan kulitnya.

Tak hanya itu saja, kucing inipun juga rentan mengalami diare, batuk-batuk dan sejumlah gangguan perut lainnya.

Perawatan Kucing Anggora

Harga Kucing Anggora
Perawatan Kucing Anggora

Nah, supaya kucing kesayangan tidak mengalami sejumlah masalah kesehatan di atas, maka perawatannya harus diperhatikan dengan baik. Perawatan ini selain bisa menjamin kesehatan si kucing, juga bisa menjaga penampilannya agar tetap cantik. Diantara perawatan-perawatan yang perlu diberikan adalah sebagai berikut.

  1. Dimandikan secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Baiknya kamu gunakan shampo khusus anti kutu supaya parasit-parasit dan kutu yang ada pada kucing bisa dihilangkan
  2. Kandangnya juga harus dibersihkan setiap hari dan pasirnya harus diganti secara rutin
  3. Karena bulunya termasuk panjang, maka kucing ini juga harus disisir menggunakan sisir khusus untuk kucing
  4. Pastikan tempat makan kucing dan mainan yang kamu sediakan untuk mereka juga berada dalam kondisi yang bersih
  5. Berikan nutrisi yang baik
  6. Hindari memberinya air minum yang masih mentah
  7. Lakukan vaksin secara rutin supaya daya tahan tubuhnya bagus

Pada dasarnya, hewan apapun yang kamu pelihara mereka memerlukan perawatan. Jadi, bukan hanya kucing anggora saja yang harus diperhatikan dengan baik. Hanya saja jika memang kamu ingin mempunyai anggora, maka perawatan-perawatan di atas bisa kamu terapkan.

Kesimpulan

Tips kecil buat kamu yang ingin membeli kucing ini, sebaiknya kamu pilih yang sudah tersertifikasi. Anggora yang tersertifikasi seperti ini jelas sudah tidak perlu diragukan lagi keasliannya. Datangi saja toko hewan yang resmi untuk mendapatkannya. Tetapi, jangan sampai keliru pilih ras Persia ya, mengingat keduanya ini begitu mirip.

-- ADVERTISEMENT --

Leave a Comment