Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Tubuh

JogjaLib.net – Manfaat buah ceri bagi kesehatan kita ternyata sangat banyak sekali. Walaupun bentuknya yang kecil dan imut, tetapi kita tidak boleh membandingkannya dengan manfaat yang ada padanya bagi tubuh dan kesehatan kita.

Disini kami dari JogjaLib.net akan sedikit bercerita mengenai khasiat dari buah ceri yang akan kita dapatkan ketika mengkonsumsinya. Untuk itu, stay tune dan baca dengan seksama artikel ini hingga selesai agar informasi yang kalian dapatkan tidak setengah – setengah. Dan pastinya agar informasi yang kalian dapatkan juga valid.

Berikut manfaat dan khasiat dari buah ceri yang dapat kami informasikan.

Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ceri Membantu Tidur Lebih Cepat

Manfaat Buah Ceri Membantu Tidur Lebih Cepat
Membantu Tidur Lebih Cepat

Banyak dari kita yang sering mengalamai sulit tidur, bahkan sudah melakukan berbagai cara agar dapat tidur cepat. Susah cepat tidur ada beberapa hal yang mempengaruhinya, selain menjadi kebiasaan terjadi juga akibat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, stress dan banyak pikiran juga dapat menimbulkan kesulitan tidur. Akibat dari susah tidur juga dapat menimbulkan resiko tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, dan obesitas tubuh.

Berdasarkan penelitian seorang ahli gizi yang bernama Tara Gidu Collingworth, RD yang juga merupakan penulis Flat Belly Cookbook for Dummies, beliau menyarankan mengkonsumsi jus buah ceri 2x sehari bagi mereka yang sering mengalami sulit tidur. Minum setelah bangun tidur dan sebelum makan malam. Alhasil, dalam penelitiannya peserta mengalami tidur lebih lama dan nyaman setelah mengkonsumsi jus buah ceri.

Buah Ceri Sebagai Sumber Nutrisi Baik

Buah Ceri Sebagai Sumber Nutrisi Baik
Sumber Nutrisi Baik

Tanpa kita sadari, buah ceri memiliki khasiat sebagai sumber nutrisi yang baik. Itu dikarenakan warna merah dari buah ceri yang mengandung anthocyanin yang tinggi. Anthocyanin adalah sejenis antioksidan yang memiliki tugas melawan terjadinya kerusakan radikal bebas di dalam tubuh karena stress oksidatif.

Buah Ceri dapat Meredakan Nyeri Sendi

Buah Ceri dapat Meredakan Nyeri Sendi
Meredakan Nyeri Sendi

Penyakit nyeri sendi biasa dirasakan bagi mereka yang telah memiliki 40 – 70 tahun bagi para wanita. Nyeri sendiri membuat rasa tidak nyaman yang kemudian dapat menghambat kegiatan ataupun aktivitas sehari – hari yang sering dilakukan.

Dengan mengkonsumsi jus buah ceri secara rutin 2x sehari dalam waktu 3 minggu, dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan secara massif yang itu merupakan penyebab nyeri sendiri. Nyeri sendi atau banyak yang lebih mengenal dengan istilah asam urat, untuk itu bagi yang punya masalah penyakit asam urat dapat menguranginya dengan mengkonsumsi jus buah ceri.

Buah Ceri dapat Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

Buah Ceri dapat Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga
Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

Setelah dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri sendiri, buah ceri juga dapat dimanfaatkan untuk meringankan nyeri otot akibat olahraga. Buah ceri sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang suka olahraga khususnya bagi para pelari marathon, ini berdasarkan penelitian bahwa mereka yang akan melakukan perlombaan dan mengkonsumsi jus buah ceri sebelum melakukan perlombaan, ternyata mengalami nyeri otot lebih ringan dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya. Untuk itu, selalulah jaga kesehatan anda.

Buah Ceri dapat Menurunkan Tekanan Darah

Buah Ceri dapat Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah

Bagi yang memiki tekanan darah yang tinggi, kelihatannya cocok untuk mengkonsumsi jus buah ceri. Buah ceri memiliki kandungan polifenol yang tinggi, dimana polifenol itu sendiri merupakan sejenis antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh kita.

Berdasarkan penelitian oleh Ilmuwan Inggris, disimpulkan bahwa jus buah ceri memiliki kerja lebih efektif terhadap menurunkan tekanan darah dimana setelah 3 dikonsumsi oleh tubuh.

Demikian informasi mengenai manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh yang dapat kami sharingkan, semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan sedikit pengetahuan bagi kalian para pembaca. Sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

-- ADVERTISEMENT --

Leave a Comment