Manfaat dan Tips Membeli Genset di Jakarta

Sekarang ini listrik telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan, karena tentunya banyak sekali aktivitas di perkotaan yang akan terhenti jika tiba – tiba terjadi pemadaman listrik bergilir, maka dari itu sekarang ini mulai banyak sekali toko – toko ataupun perusahaan yang menyediakan genset untuk berjaga – jaga jika sewaktu – waktu terjadi pemadaman listrik dari PLN. Di Jakarta sendiri sudah banyak sekali supplier jual genset Jakarta yang menawarkan harga terjangkau salah satunya yaitu rajawalindo.com. Nah mengingat pentingnya peran genset ini di kota – kota besar, maka ada baiknya bagi Anda yang juga berniat untuk membeli genset, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli.

Yang pertama yang harus Anda ketahui adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda membeli genset, karena mengingat harga genset yang bisa dibilang tidak murah, maka dari itu berikut ini adalah beberapa manfaat jika Anda memiliki genset.

  1. Untuk menunjang bisnis atau usaha Anda

Manfaat dari generator set atau yang sering dikenal genset ini yang pertama adalah pastinya untuk menunjang segala aktivitas usaha atau bisnis yang Anda lakukan, terlebih lagi jika usaha yang Anda jalankan sangat tergantung sekali pada listrik contohnya seperti warnet, konveksi dan lainnya. Dengan adanya genset ini maka kegiatan usaha Anda tidak perlu terganggu jika sewaktu – waktu terjadi pemadaman listrik dari pihak PLN.

  1. Untuk kebutuhan acara

Manfaat dari genset yang kedua adalah untuk kebutuhan sebuah acara terutama jika acara tersebut diadakan di ruangan terbuka atau outdoor seperti contohnya konser, pesta kebun dan lain sebagainya. Ataupun bisa juga untuk berjaga – jaga ketika nanti tiba – tiba terjadi mati listrik, maka genset ini bisa segara dinyalakan agar acara bisa berlanjut seperti semula.

  1. Menanggulangi bencana alam

Manfaat genset yang selanjutnya adalah untuk menanggulangi bencana, karena seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia ini adalah negara rawan bencana terlebih lagi kota Jakarta yang setiap tahun pasti ada daerah yang terkena banjir, maka dari itu penting sekali bagi para warga Jakarta untuk memiliki genset, karena pastinya akan sangat berguna sekali sebagai sumber listrik saat terjadi banjir atau bencana alam lainnya.

  1. Sumber listrik untuk daerah pelosok

Manfaat yang terakhir adalah sebagai sumber listrik di daerah pelosok Indonesia, karena seperti yang kita sudah ketahui jika masih banyak sekali daerah – daerah pelosok di Indonesia yang belum terjamah oleh aliran listrik, maka dari itu satu – satunya sumber listrik biasanya hanya dari genset ini.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari genset, nah setelah mengetahui manfaat dari genset maka selanjutnya adalah beberapa tips untuk Anda yang harus diketahui sebelum membeli genset ke penjual genset Jakarta.

  1. Memilih genset yang memiliki daya sesuai dengan yang kita butuhkan 

Tips pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli genset adalah Anda harus terlebih dahulu menghitung jumlah penggunaan listrik di rumah ataupun di tempat usaha Anda, hal ini penting agar listrik yang dihasilkan genset dapat menghidupkan semua kebutuhan Anda. Dan juga usahakan bahwa genset yang Anda pilih memiliki daya 30% lebih banyak dibandingkan kebutuhan listrik Anda, agar nantinya jika sewaktu – waktu ada lonjakan pemakaian listrik, genset Anda masih bisa bekerja secara maksimal.

  1. Memilih tipe genset sesuai kebutuhan 

Tips membeli genset yang selanjutnya adalah Anda juga harus memilih tipe genset sesuai dengan kebutuhan Anda. Genset sendiri memiliki 2 tipe yaitu silent dan open, nah perbedaan dari kedua tipe ini adalah jika tipe open maka akan menimbulkan suara yang berisik maka dari itu biasanya genset tipe ini digunakan untuk acara – acara di luar ruangan, sementara genset tipe silent suara yang akan ditimbulkan tidak terlalu berisik sehingga Anda bisa menggunakan genset tipe ini di dalam ruangan.

  1. Memilih bahan bakar genset yang sesuai

Tips yang ketiga saat akan membeli genset adalah pastikan Anda membeli genset yang bahan bakarnya di daerah Anda mudah untuk didapatkan. Untuk saat ini ada 3 jenis genset sesuai dengan bahan bakarnya yaitu genset bensin, genset solar dan genset gas.

  1. Memilih brand genset yang bagus

Tips sebelum memilih genset yang berikutnya adalah Anda bisa memilih genset sesuai dengan brand genset yang bagus di pasaran, nah untuk hal ini Anda bisa menanyakan langsung kepada penjual genset mana brand genset yang sudah terkenal dan berkualitas. Karena jika brand genset yang Anda beli sudah terpercaya maka biasanya Anda akan diberikan beberapa keuntungan contohnya seperti kartu garansi ataupun service gratis untuk genset Anda.

  1. Pastikan bahwa sparepart genset Anda mudah untuk didapat

Tips yang selanjutnya ketika Anda akan membeli genset adalah Anda harus memastikan bahwa sparepart genset yang akan Anda beli tersebut nantinya akan mudah didapatkan, hal ini sangat penting karena nanti ketika ada kendala atau ada kerusakan setelah pemakaian genset maka Anda bisa dengan mudah menemukan sparepart dan memperbaikinya.

  1. Memilih genset yang mudah dalam pengoprasiannya 

Tips berikutnya adalah bagi Anda yang kesulitan untuk menggunakan alat – alat seperti genset maka Anda bisa memilih genset yang memiliki cara pengoperasian yang mudah untuk Anda pahami. Atau mungkin jika Anda masih kebingungan dengan cara penggunaan genset ini maka Anda bisa bertanya dan meminta pelatihan dulu kepada si penjual genset tersebut.

  1. Fitur – fitur yang ada dalam genset tersebut

Tips yang ketujuh adalah Anda juga harus memahami fitur – fitur apa saja yang akan Anda dapatkan jika membeli genset tersebut, contohnya seperti fitur mati otomatis saat listrik sudah menyala ataupun fitur lainnya. Mengetahui fitur – fitur ini juga sangat penting, selain agar Anda lebih paham mengenai genset tersebut, Anda juga bisa membandingkan harga dan fitur genset tersebut apakah layak dibeli atau tidak.

  1. Mempertimbangkan harga dan budget

Tips yang terakhir sebelum Anda benar – benar membeli genset adalah Anda juga harus mempertimbangkan antara budget Anda dan juga harga genset yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda membeli genset yang memiliki harga diatas budget yang sudah Anda tentukan. Maka dari itu Anda harus dapat menimbang dan memilih genset yang memang pas untuk kebutuhan Anda dan pas di kantong Anda.

Itulah beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli genset ke penjual genset Jakarta. Semoga informasi serta tips di atas dapat membantu Anda yang memang sedang ingin membeli genset untuk kebutuhan usaha maupun pribadi.

Tinggalkan komentar