Nama Domain Yang Sering Digunakan Untuk Blogging

Domain name atau nama domain yang sering digunakan untuk blogging ada banyak sekali ekstensinya. Kali ini, kami dari JogjaLib.net akan coba merangkum beberapa ekstensi domain yang paling banyak di gunakan oleh Blogger Indonesia untuk membranding blognya dengan nama dan ekstensi domain tersebut.

Domain merupakan alamat yang hanya dapat digunakan dan dimiliki 1 orang saja dalam waktu bersamaan di dunia. Jadi, silahkan pilih nama domain yang benar – benar bagus dan membranding blog kamu agar mudah dikenal.

Akan sangat beruntung ketika kamu mendapatkan alamat domain dengan nama pribadi, yang mana nama kamu tersebut adalah nama yang familiar atau banyak digunakan. Sehinga, hanya kamu sendiri yang memiliki nama domain tersebut. Atau, kamu ketika ingin membangun sebuah blog yang membahas sebuah topik tertentu, silahkan gunakan nama domain yang mudah di ingat dan menampilkan sebuah branding yang bagus.

Misal, untuk website berita kita akan familar dengan detik.com, kompas.com, tribunnews.com. Untuk marketplace produk kita akan fimiliar dengan tokopedia.com, bukalapak.com, shopee.co.id, lazada.co.id, blibli.com, dan lainnya.

Dan ketika kamu ingin membangun sebuah blog, silahkan gunakan nama domain yang mudah di ingat. Berikut kami hadirkan beberapa ektensi nama domain yang dapat kamu gunakan untuk membangun sebuah blog yang kami inginkan.

Daftar Nama Domain Yang Sering Digunakan Untuk Blogging

.COM

Ekstensi nama domain .com adalah nama domain yang paling banyak digunakan. Nama domain ini awalnya digunakan untuk commercial, tetapi orang lebih banyak frefer menggunakan nama domai ini karena memang lebih familiar dilihat oleh siapapun. Bahkan untuk blogging sendiri, ekstensi domain .com menjadi salah satu favorit yang pertama dicari.

.ID

Ekstensi domain .id ini mulai banya digunakan di tahun 2014, dimana pada saat ini banyak penyedia pembelian domain di Indonesia yang memberikan diskon besar – besaran untuk ekstensi domain ini. Ekstensi domain ini adalah ekstensi domain yang dikhususkan untuk negara Indonesia saja. Sudah banyak website – website besar yang menggunakan ektensi domain ini, bahkan untuk blog personal juga sudah menggunakan ektensi domain .id untuk nama domain blognya.

.CO.ID

Ekstensi domain .co.id adalah ekstensi domain commercial khusus untuk Indonesia. Ektensi domain ini memiliki pamor yang lebih baik dibandingkan ekstensi domain .com untuk wilayah Indonesia. Untuk bersaing di SERP Google, ekstensi domain .co.id juga lebih bagus jika dibandingkan dengan ekstensi .com. Bahkan, banyak perusahaan – perusahaan yang menggunakan domain .co.id bersaing di berbagai kata kunci di SERP Google.

Sehingga, akhirnya banyak juga blogger personal yang menggunakan ekstensi domain .co.id sebagai ekstensi domain untuk nama blog pribadi ataupun nama blog anaonimnya. Walaupun dengan syarat yang cukup ketat untuk memilki ekstensi domain ini, tetapi masih bisa mereka membelinya.

.NET

Domain dengan ektensi .net adalah pilihan lain ketika kamu ingin mengunakan sebuah nama tetapi di ekstensi domain lain sudah tidak tersedia. Misal, pada blog JogjaLib.net yang menggunakan ekstensi domain .net, yang mana untuk ekstensi domain .com nya sudah dimiliki oleh orang lain.

.INFO

Sama halnya dengan ektensi domain .net, ekstensi domain .info adalah pilihan lain ketika nama domain domain dengan ekstensi lainnya sudah dimilki orang lain. Ekstensi domain .info adalah salah satu jenis generic Top Level Domain (g TLD) yang diperkenalkan pada tahun 2000-an. Sudah banyak juga yang menggunakan ekstensi domain ini, bahkan tercatat ada 5,2 juta lebih pengguna setelah 10 tahun berselang domain ini hadir.

.ORG

Domain dengan ekstensi .org ini lebih ditujukan untuk sebuah website / blog Komunitas. Misal, kamu memiliki komunitas bersepeda, dan ingin berbagai informasi kegiatan bahkan tips dan trik bersepeda, kamu dapat khusus menggunakan ektensi domain .org ini.

.ME

Ektensi domain .me adalah salah satu ektensi domain yang digunakan untuk blog personal dengan mana pribadi. Pada hakikatnya, ektensi domain .me ini adalah ekstensi country code Top Level Domain (ccTLD) untuk negara Montenegro yang diperkenalkan pada tahun 2016. Di Indonesia, kamu akan menemukan ektensi domain ini untuk nama pribadi atupun untuk  nama domain berita. Seperti Lintas.me dan Kepoo.me.

Beli Domain Murah di Niagahoster

Ketika kamu ingin memulai kegiatan blogging kamu, dan kamu ingin menggunakan domain name yang ektensi domain yang kamu inginkan. Kami memiliki rekomendasi tempat membeli domain dengan harga murah dan terjangkau, yaitu kamu dapat membelinya di Niagahoster.com.

Berikut adalah ekstensi domain murah yang populer yang paling banyak digunakan. Silahkan pilih ekstensi domain favorit kamu dan segera daftarkan dan mulai blogging dengan menulis artikel terbaik pertamamu.

Daftar Domain Murah Indonesia Terpopuler
Daftar Domain Murah Indonesia Terpopuler

Demikian informasi terkait dengan nama domain yang sering digunakan untuk blogging. Nah, kamu pilih ektensi domain apa nih?

Tinggalkan komentar