Pakar SEO Jogja, Siapakah Dia?

Pakar SEO Jogja – Jika bicara SEO, banyak sekali pakar yang berhasil menyematkan panggilan itu kepada dirinya pribadi. Baik panggilan tersebut diberikan oleh orang lain yang merasa mereka layak untuk mendapatkannya. Atau mereka sendiri yang menamakan mereka adalah seorang Pakar SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah proses dimana kita menempatkan blog/website kita berada di halaman pertama Google berdasarkan kata kunci (keyword) yang ditargetkan. Misal, ketika kita menargetkan kata kunci “Pakar SEO Jogja”, dan artikel ini berhasil nangkring di halaman satu Google atau bahkan jika berhasil di peringkat pertama Google, maka blog ini sudah teroptimasi SEO dengan baik.

Dalam ilmu SEO, ada istilahnya SEO On-Pages dan SEO Off-Pages. On-Pages sendiri bagaimana kita mengoptimasi website/blog kita dengan baik sesuai dengan petunjuk Google. Google saat ini lebih menyukain website dengan loading yang cepat dan memiliki struktur yang bagus. Off-Pages SEO biasanya di identikkan dengan backlink.

Terkadang banyak yang bertanya, mana dahulu yang harus didahulukan? On-Pages SEO atau Off-Pages SEO? Kalau menurut saya pribadi, perbaiki dahulu dari internal website nya terlebih dahulu. Baru deh berurusan dengan backlink dan sejenisnya.

On-Pages SEO

Dalam mengoptimasi On-Pages SEO, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, diantaranya :

  1. Judul Artikel

    Hal pertama yang harus diperkatikan dalam mengoptimasi On-Pages adalah terletak pada Judul Artikel. Judul artikel harus mengandung kata kunci yang kalian bidik. Bikin judul yang tidak lebih dari 60 karakter dan sudah termasuk kata kunci di dalamnya.

  2. Meta Description

    Meta description sangat penting dalam hal pengoptimasian On-Pages di website kamu. Kata kunci harus termasuk dalam deskripsi yang kamu bikin untuk menjelaskan artikel yang kamu tulis. Jika kamu menggunakan plugin SEO di WordPress, kamu bisa setting manual di kolom Deskripsi, atau jika kamu tidak menggunakan plugin SEO, usahakan kata kunci yang dibidik berada di 160 karakter pertama di paragraf awal.

  3. URL

    URL atau permalink juga sangat berperan halam halĀ  On-Pages SEO. Usahakan kata kunci berada di permalink, biasanya otomatis mengambil dari judul artikel. Atau kamu bisa menggunakan permalink pendek agar kelihatan lebih bagus permalinknya.

  4. Konten

    Setelah 3 hal diatas, yang tidak kalah pentingnya dalam optimasi SEO On-Pages adalah terletak pada Konten. Konten yang kalian sajikan haruslah unik, bukan artikel copas dari artikel lain. Alangkah baiknya kalian menulis sendiri artikel sehingga artikel unik akan kalian dapatkan. Mengenai panjang pendeknya artikel tidak menjadi faktor utama, artikel yang bagus belum tentu artikel yang panjang. Artikel yang bagus adalah artikel yang dapat menjelaskan maksud dan tujuan artikel yang ditulis dengan informasi yang lengkap dan padat isinya.

  5. Gambar

    Kenapa harus ada gambar dalam artikel? Ya, selain bisa membuat artikel jadi kelihatan bagus gambar juga dapat kita jadikan sebagai pendukung SEO On-Pages. Nama gambar bisa kita rename menjadi kata kunci yang kita bidik. Selain itu kita juga bisa mengisi alternative tag dengan kata kunci.

  6. Internal Link

    Internal link atau tautan ke artikel lain yang memiliki relevansi membuat website menjadi SEO friendly. Yang direkomendasikan dalam hal internal link adalah artikel yang memiliki kesamaan pembahasan, hindari memberikan tautan ke artikel yang tidak memiliki bahasan yang sama.

  7. Loading Website

    Loading website yang cepat sangat disukai oleh Google. Ini merupakan faktor yang langsung diberikan oleh Google. Kecepatan loading website biasanya tergantung dari ukuran halaman yang di load dan penggunaan server / hosting website.

Off-Page SEO

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Off-Pages SEO biasanya di identikkan dengan backlink. Tetapi bukan sembarang backlink ya, backlink juga harus kelihatan natural dan dari situs – situs yang memiliki autorithy yang bagus.

Pakar SEO Jogja

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan gelar Pakar SEO? Dengan mendapatkan gelar Pakar SEO, biasanya akan seiring dengan dapatnya job – job SEO maupun job manggung memberikan materi tentang SEO dan Internet Marketing. Atau, bahkan kamu bisa membuat kelas Internet Marketing khusus untuk SEO itu sendiri.

Mengenai siapa sebenarnya Pakar SEO Jogja dan pantas memiliki predikat itu, maka sebenarnya kamu sendiri yang bisa menilainya. Siapa itu tidak asal mereka dapat dipercaya dan mempertanggung jawabkan predikat yang disematkan padanya.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba Jasa SEO dari kami di https://websiteriau.co.id kamu bisa langsung cek saja website kami. Kami merupakan penyedia Jasa SEO untuk Pekanbaru dan sekitarnya, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memberikan layanan Jasa SEO Jogja, Jasa SEO Jakarta, Jasa SEO Surabaya, Jasa SEO Malang, Jasa SEO Medan, dan kota – kota lainnya.