10 Peluang Usaha Sampingan Tidak Salah Dicoba

JogjaLib.net – Peluang usaha sampingan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan uang tambahan. Banyak orang yang sudah memulai beberapa bisnis sampingan dari mulai mengelola blog yang sukses hingga bisnis pengorganisasian yang  profesional. Bisnis sampingan tidak hanya mengantarkan Anda menjadi seorang wirausahawan, tetapi juga bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

Namun, pertanyaan terbesarnya adalah, bisnis seperti apa yang harus Anda mulai? Ada ribuan opsi di luar sana. Beberapa usaha relatif mudah untuk dicoba dan lainnya memerlukan waktu yang signifikan untuk memulainya. Bagi Anda yang bingung ingin memulai usaha sampingan dengan apa, berikut adalah ide-idenya.

Ide Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Sampingan
Peluang Usaha Sampingan

Ada beberapa ide usaha sampingan yang memberikan banyak keuntungan jika Anda mau mencobanya, diantaranya adalah :

  1. Jasa Akuntan Online

Apakah Anda hebat dengan angka dan ingin bekerja nyaman dri rumah? Untuk menjadi jasa akuntan online pembukuan freelance, Anda tidak perlu menjadi Akuntan Publik yang bersertifikat, tetapi Anda harus mahir dalam hal angka. Ada banyak cara gratis untuk menggunakan alat faktur online seperti alat pembayaran online seperti e-nofa.com. Beberapa layanan yang dapat Anda tawarkan meliputi:

  • Membuat neraca
  • Memberikan laporan laba rugi
  • Membuat berbagai laporan keuangan bulanan, triwulanan, atau tahunan
  1. Layanan Pemasaran

Pemasaran memang melibatkan tingkat pengetahuan dengan latar belakang tertentu. Ada beberapa yang mensyaratkan bahwa seseorang harus berpengalaman atau setidaknya membekali diri sendiri dengan alat yang memadai untuk memulai agensi pemasaran digital sendiri yang dapat dikembangkan di masa depan. Ada banyak bidang pemasaran baru yang terbuka seperti pemasaran influencer.

Perusahaan selalu mencari freelancer yang dapat memberikan marketing copy yang ramah SEO dan dapat mengubah pengunjung situs web menjadi arahan dan, pada akhirnya, menjadi pelanggan. Selain menawarkan marketing copy yang dioptimalkan, Anda dapat menawarkan untuk mengunggah konten ke situs web mereka dan meningkatkan SEO mereka lebih lanjut dengan:

  • Deskripsi meta
  • Judul yang tepat
  • Kata kunci yang benar
  • Tag dan kategori
  • Gambar yang relevan dengan teks SEO dan tag alt
  1. Konsultan Media Sosial

Siapa yang tidak suka Facebook, Twitter, dan Instagram? Hampir semua orang menyukai sosial media, dan jika Anda tidak menguasai berbagai sosial media, Twitter dan Google adalah platform yang menawarkan kursus profesional lengkap. Bahkan Anda mendapatkan sertifikasi yang diakui dan hanya membutuhkan sedikit biaya atau bahkan tanpa uang sekalipun.

Media sosial juga merupakan bisnis yang memiliki potensi yang akan selalu berkembang dan tidak terbatas dengan basis klien yang dapat menjangkau seluruh dunia. Tren ini tidak akan mudah mati bahkan platform baru hampir selalu dirilis setiap tahunnya untuk membuat ekspansi sosial media semakin tidak terbatas. Anda dapat menggunakan alat manajemen media sosial untuk mempermudah pekerjaan Anda menjadi seorang konsultan sosial media.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing atau afiliasi pemasaran sangat mudah untuk masuk And jadikan usaha sampingan karena Anda akan mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk dan layanan perusahaan lain.

Pada dasarnya, Anda memilih produk yang Anda sukai, mempromosikannya, dan mendapat untung dari setiap penjualan Anda lakukan dari pemasaran Anda. Bisnis pemasaran afiliasi sangat mudah dimulai jika:

  • Anda memiliki blog atau situs web sendiri
  • Anda dapat membuktikan kesuksesan Anda melalui statistik pengunjung
  • Anda telah berhasil melakukan pemasaran afiliasi dan dapat menunjukkan ini kepada klien potensial Anda
  1. Layanan Kesekretariatan

Mirip dengan bantuan virtual, layanan kesekretariatan jauh membutuhkan sedikit atau tidak ada pengalaman. Yang Anda butuhkan adalah:

  • Keterampilan berorganisasi yang kuat
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Manajemen waktu yang baik
  • Tingkat otonomi yang tinggi

Tugas Anda sehari-hari sebagai sekretaris lepas biasanya mencakup:

  • Mengatur rapat
  • Mengatur jadwal
  • Membalas email
  • Menyusun presentasi
  • Menjawab panggilan telepon
  1. Web development

Saat ini, semua manusia hidup di dunia digital di mana setiap bisnis membutuhkan situs web untuk mengarahkan traffic light perusahaan agar dapat melakukan penjualan. Jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang web development, Anda bisa mencoba bisnis ini. Anda dapat memulai semuanya dari yang kecil dengan membuat situs web di WordPress.

  1. Desainer Grafis

Perusahaan selalu membutuhkan seorang desain grafis untuk membranding produk yang mereka jual. Jika Anda dapat melakukan apapun yang diinginkan oleh perusahaan dan kebutuhan pelanggan, yang Anda perlukan hanyalah komputer dan aplikasi seperti Photoshop, correl atau Illustrator untuk menjawab kebutuhan perusahaan.

  1. Blogger atau Vlogger

Apakah Anda ahli dalam bidang tertentu dan menguasai tulisan ataupun video? Jika Anda tahu cara melakukan sesuatu dengan sangat baik dan menguasai bidang yang Anda sukai, mengapa tidak memberi tahu dunia mengenai kemampuan Anda melalui blog atau vlog? Anda hanya memerlukan komputer dan kamera dengan beberapa keterampilan yang bisa diasah secara otodidak. Anda dapat menghasilkan uang dari hobi tersebut.

  1. Konsultan Pajak

Perusahaan besar dan kecil selalu menyiapkan banyak uang untuk membayar pajak negara. Nominal penghitungan pajak ini memberi Anda kesempatan untuk bekerja sebagai konsultan pajak freelance.

Jika Anda memiliki pengalaman yang sesuai, Anda bisa menjadikan diri Anda sebagai freelancer. Namun, Anda harus memiliki pengalaman dalam hal pajak dan bagusnya Anda pernah mengikuti kursus, seminar, dan pelatihan.

Merancang Rencana Bisnis Sampingan

Memiliki momen saat merintis peluang usaha sampingan adalah hal yang tidak akan terlupakan. Awalnya mungkin Anda sulit untuk menuliskan ide bisnis sampingan itu di atas kertas. Tapi jika Anda mau berusaha terus menerus, dan mau mencoba maka bisnis sampingan yang Anda inginkan bisa terwujud.

Salah satu bisnis sampingan yang sangat potensial untuk Anda coba lakukan adalah dengan bisnis garam. Anda pasti tahu bahwa pemerintah mulai mengimpor garam garam dari beberapa negara untuk memenuhi kebutuhan garam di Indonesia.

Tentu saja kebijakan impor yang dilakukan pemerintah ini diambil karena kualitas garam di Indonesia masih belum memenuhi syarat industri. Selain itu secara segi kuantitas, garam produksi asli Indonesia masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini.

Jika Anda ingin memajukan produk dalam negeri, maka Anda bisa bergabung dengan kami di PT Ramsol sebagai bagian dari usaha sampingan Anda.  Kami adalah sebuah perusahaan garam kristal Indonesia yang berusaha untuk berkomitmen untuk mewujudkan adanya swasembada garam 2020. Kami mengajak segenap lapisan masyarakat baik itu individu, kelompok, organisasi, ataupun perusahaan untuk bergabung bersama kami dan berjuang bersama untuk mewujudkan swasembada garam 2020.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan sangat beragam di antaranya adalah :

  1. Penghasilan sampingan yang sangat lumayan
  2. Memajukan produk dalam negeri
  3. Membantu pemerintah untuk tidak mengimpor garam dari negara lain

Bagaimana? Apakah peluang usaha sampingan dari kami menjanjikan? Menghasilkan pendapatan sampingan yang hasilnya jauh melampaui penghasilan utama Anda akan menjadi hal yang pasti menggembirakan bukan? Mari bergabung bersama kami di PT. Ramsol Garam Kristal Indonesia.

-- ADVERTISEMENT --

Leave a Comment