Sangat Penting Untuk Mengetahui Pengertian Globalisasi Dalam Dunia Pembelajaran

Pengertian Globalisasi Untuk Pembelajaran – Saat ini segala sesuatu menjadi lebih mudah, contohnya saat kamu mencari sebuah materi untuk belajar. Dahulu anda harus mencari sebuah materi untuk belajar hanya dari buku saja. Akan tetapi saat ini, anda hanya perlu handphone yang berisi kuota internet maka semuanya akan teratasi. Sebab, anda hanya perlu membuka sebuah Website untuk mencari materi tersebut. Lebih praktis dan anda tidak perlu ribet mencari materi di dalam buku.

Adanya globalisasi ini telah di dukung oleh adanya beragam jenis teknologi yang telah mengalami perubahan dan telah membantu manusia. Karena pada era globalisasi ini semua hal dapat anda dilakukan dengan cepat, tepat, dan pastinya memuaskan.

Pengertian Globalisasi

Apa Arti Globalisasi
Apa Arti Globalisasi

Kata Globalisasi ini telah diadopsi dari bahasa inggris yaitu kata globalization. Kata Globalization ini terdiri dari dua suku kata yaitu dari kata global yang artinya dunia dan kata lization yang berarti proses. Jadi, globalisasi ini secara bahasa yaitu Sebuah proses yang telah mendunia. Globalisasi ini telah menyebabkan suatu Negara tidak terasa luas karena dengan mudahnya berkomunikasi antar Negara di suatu bidang.

Pengertian globalisasi secara umum ialah sebuah proses yang telah mendunia atau menyeluruh yang tidak hanya memiliki sebuah ikatan baik oleh Negara ataupun batasan wilayah, maksudnya yaitu setiap orang dapat terhubung serta dapat saling menukar informasi dan kabar melalui sebuah media sosial. Makna globalisasi menurut para ahli :

Antony Giddens

Menurut Antony Giddens globalisasi ini merupakan sebuah hubungan social yang luar biasa sampai mendunia. Hal tersebut dapat menghubungkan satu dengan yang lainnya meskipun berbeda tempat.

Malcom Waters

Malcolm mengatakan, bahwa globalisasi ini telah menjadikan hilangnya sebuah batasan geografis dan kebudayaan pada pikiran seseorang. Akan tetapi, batasan tersebut tidak benar – benar hilang, melainkan hal tersebut hanya menjadi samar – samar.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Di bawah ini beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli :

Laurence E. Rothernberg

Menurut Laurence globalisasi ini merupakan suatu percepatan dari sebuah interaksi serta penyatuan manusia, perusahaan dan pemerintahan dari Negara lain ke negara yang berbeda.

Anthony Giddens

Globalisasi menurut Anthony adalah sebuah hubungan sosial yang intens secara mendunia sampai dengan menghubungkan tempat yang lainnya, antara suatu kejadian yang telah terjadi di tempat yang satu dengan tempat lainnya. Kemudian menjadikan sebab terjadinya sebuah perubahan pada masing – masing.

Dr. Nayef R.F Al- Rodhan

Globalisasi yaitu suatu proses yang terdiri dari sebab dan kasus serta konsekuensi dari persatuan trans nasioanal dan trans scultural yang secara besar – besaran dalam sebuah kegiatan makhluk hidup.

Emanuel Ritcher

Globalisasi yaitu sebuah jaringan secara global yang telah menyatukan masyarakat secara bersama – sama yang sebelum hal tersebut tersebar dan terisolasi kedalam dengan suatu hubungan yang saling bergantung dalam satu dunia.

Martin Albrow

Globalisasi adalah keseluruhan proses dari penduduk yang telah terjalin dalam suatu komunitas dunia tunggal, yaitu sebuah komunikas secara global

Malcom Waters

Globalisasi yaitu suatu proses sosial yang mampu menjadikan sebuah batasan alam dengan suasana sosial serta budaya yang menjadi tidak begitu penting, dan telah menjelma dalam kesadaran seseorang.

Ciri-ciri Globalisasi

Ciri - Ciri Globalisasi
Ciri – Ciri Globalisasi

Saat ini semakin luasnya sebuah kegiatan baik itu antar wilayah maupun sebuah negara. Pada awalnya, mungkin akan ada keterbatasan support untuk melakukan sebuah kegiatan sosial tersebut. politik serta ekonomi ini membuat jangkauan yang tidak terlalu luas, sampai akhirnya muncul sebuah penemuan – penemuan baru.

Penemuan tersebut dapat mendukung sebuah akses sampai mendunia. Hal ini yang membuat sosial, politik dan ekonomi akan lebih terasa sangat mudah. Bahkan saat anda mengirimkan suatu barang atau jasa tidak akan memerlukan waktu yang lama.

Semakin meningkat sebuah hubungan antara perdagangan, investasi, pertukaran budaya, keuangan sampai dengan migrasi. Saat ini telah banyak orang yang sudah mulai berpikir lebih baik, alam pikirnya pun sudah mulai berkembang.

Sehingga jangkauan dalam kegiatan social maupun ekonomi saat ini cukup dikembangkan. Awalnya jangkauan tersebut hanya antar kota, antar daerah, antar wilayah provinsi maupun antar pulau sampai dengan antar Negara hingga benua.

Adanya sebuah percepatan dari interaksi maupun komunikasi yang mendunia, yaitu dengan munculnya sistem transportasi maju, sampai dengan semakin cepatnya sebuah difusi ide, informasi, modal, barang – barang dan masyarakat. Semakin banyaknya seorang ilmuan yang mengembangkan ilmunya dalam dunia transportasi.

Hal tersebut mampu membuat banyak sistem canggih, yang pada akhirnya satu persatu alat transportasi tersebut telah mengalami sebuah inovasi. Dengan sentuhan yang lebih baik pada sebuah aplikator dua yang lebih canggih dari yang sebelumnya.

Dengan adanya sebuah alat transportasi yang mulai meningkat kecanggihannya. Hal ini dapat mengembangkan ide – ide lain, sehingga akan sangat mendukung dalam melakukan berbagai hal termasuk semakin cepatnya difusi ide, informasi maupun modal, barang – barang serta masyarakat.

Apa Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi?

Penyebab Globalisasi
Penyebab Globalisasi

Faktor penyebab globalisasi ini yaitu semakin mudahnya pelaksanaan transaksi ekonomi. Seperti pada saat jual beli dan keuangan yang lintas wilayah seperti anda dari negara Indonesia dapat melakukan sebuah perdagangan dengan orang lain dari negara Malaysia bahkan dari Eropa seperti Jerman, Inggris dan Spanyol.

Penyebab globalisasi yang lainnya ini yaitu adanya kemudahan saat mengirim barang bahkan jasa lintas wilayah pun khususnya yang berbeda kebudayaan. Contohnya saja, sebuah sepatu yang berasal dari Eropa dapat dengan mudah dipesan dan dibawa ke Indonesia untuk dijual.

Hal tersebut yang membuat terjadinya penggabungan sebuah kebudayaan atau asimilasi dan bahkan dapat terjadi sebuah pergeseran kebudayaan dari segi penampilan. Seperti yang anda tahu, sepatu atau alas kaki orang Indonesia sedikit berbeda dengan orang barat yang tebal karena suhu di Eropa itu hampir tiba harus selalu dingin.

Dengan berkurangnya sebuah konflik antar negara, hal tersebut dapat dirasakan adanya sebuah hubungan internasional. Penyebab dari  globalisasi adalah ini yaitu  semakin mudahnya terjadi kerja sama ekonomi antar sebuah negara.

Ketersediaan sumber daya alam saat ini semakin menipis, hal tersebut menjadi faktor penyebab dari globalisasi. Hal ini yang dijelaskan jika anda pandang dari segi investasi. Contohnya saja pada minyak bumi dan emas. Freeport saat ini telah menjadi sumber daya alam dari segi logam mulia.

Hal tersebut menjadi dasar buat masuknya orang luar negeri ke daerah Papua. sehingga terjadinya sebuah pertukaran budaya dan bahkan terdapat pengikisan budaya lokal masyarakat di Papua.

Dengan adanya sistem visa dan pertukaran siswa serta pelajar dari berbagai negara ke berbagai negara. Hal tersebut membuat semakin mudahnya terjadi globalisasi ini. Dengan Indonesia mengirimkan mahasiswanya ke Jepang maka akan semakin banyak serta mudah bagi warga Indonesia untuk dapat menerima budaya dari negara Jepang tersebut.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai pengertian globalisasi menurut para ahli, secara umum dan secara bahasa. Serta penyebab adanya globalisasi dan ciri-ciri dari globalisasi itu sendiri. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat buat pembelajaran kalian.

-- ADVERTISEMENT --

Leave a Comment