Pengertian Manajemen Pendidikan (Fungsi+Tujuan+Ruang Lingkup)

JogjaLib.netPengertian Manajemen Pendidikan – Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan dari sebuah kebudayaan manusia yang dinamis serta sarat perkembangan. Oleh karena itu perubahan atau pun perkembangan pendidikan ialah hal yang seharusnya memang terjadi, sejalan dengan sebuah perubahan budaya kehidupan.

Perubahan di sini berarti perbaikan pendidikan terhadap semua tingkat dan dilakukan secara terus menerus disetiap bidang keilmuan. Di mana hal ini dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan. Proses pendidikan sendiri mencakup dua proses, yakni hominisasi dan juga humanisasi.

Pengertian manajemen pendidikan sendiri ialah sebuah proses dari perencanaan, pengarahan, pengawasan, perencanaan, dan juga penilaian usaha pendidikan, agar mencapai tujuan pendidikan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Terdapat pula pengertian lain dari manajemen pendidikan, yakni merupakan sebuah bentuk kerjasama antar pihak pendidikan demi pencapaian target pendidikan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Tujuan umum dalam menajemen pendidikan yakni melaksanakan pembentukan kepribadian para pelajar. Yang berdasarkan dengan tujuan dari pendidikan nasional serta tingkat perkembangan dan juga perbaikan untuk usia pendidikan.

Fungsi dari Manajemen Pendidikan

Fungsi Manajemen Pendidikan
Fungsi Manajemen Pendidikan

Biasanya terdapat empat fungsi dari manajemen, diantaranya adalah yang pertama ialah perencanaan atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan Planning.

Perencanaan biasanya dilakukan untuk menentukan suatu target dari tujuan organisasi. Atau bisa juga sebuah perusahaan secara keseluruhan, dan juga untuk memikirkan cara yang terbaik untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Pengertian planning disini sebagai proses di dalam menyusun tujuan atau pun sasaran organisasi yang menunjukkan cara-cara pencapaian target atau pun tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Yang kedua ialah pengorganisasian atau yang dalam bahasa inggris organizing. Maksudnya disini ialah membagi-bagi kegiatan yang asalnya besar menjadi sebuah bagian kegiatan kecil. Pengorganisasian bisa memudahkan seorang manajer di dalam melakakukan pengawasannya.

Dengan melakukan pengorganisasian ini, maka akan lebih efesien dan juga efektif dalam mencapai target ataupun tujuan dari suatu organisasi.

Yang ketiga adalah pelaksanaan atau actuating. Pelaksanaan atau actuating adalah sebuah proses penggerakan tenaga kerja untuk melakukan sebuah kegiatan pencapaian tujuan. Sehingga bisa terwujud efesiensi proses serta efektivitas dari hasil kerja.

Fungsi yang satu ini bisa memotivasi para tenaga kerja agar bekerja secara sungguh-sungguh. Agar tujuan dari organisasi atau pun perusahaan bisa tercapai secara efektif.

Dan fungsi yang terakhir yakni pengendalian atau controlling. Pengendalian atau controlling ini bisa diartikan sebagai keseluruhan upaya pengamatan suatu pelaksanaan kegiatan operasional agar menjamin bahwa seluruh kegiatan tersebut sudah sesuai dengan rencana yang sebelumnya sudah dirumuskan.

Fungsi pengawasan dalam manajemen merupakan fungsi yang terakhir didalam sistem manajemen, khususnya dalam manajemen pendidikan.

Atau pun aktivitas di dalam menilai kinerja berdasarkan rencana yang sebelumnya telah dirumuskan yang kemudian dibuat sebuah perubahan atau pun perbaikan apabila memang diperlukan.

Munculnya Manajemen Pendidikan

Munculnya Manajemen Pendidikan
Munculnya Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan ialah suatu cabang ilmu yang usianya bisa dibilang relatif masih muda. Istilah lama yang sering digunakan oleh sebagian orang ialah administrasi. Dahulu di Universitas Negeri Yogyakarta terdapat dua jurusan. Di mana nama dua jurusan ini menggunakan istilah administrasi.

Yakni jurusan Administrasi Perkantoran, di mana jurusan ini bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial atau yang biasa disingkat dengan FIS. Dan pada tahun 2005 berganti nama menjadi FISE.

Jurusan yang satunya adalah jurusan Administrasi Pendidikan. Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan atau yang disingkat dengan FIP. Bagi sebagian masyarakat yang belum tahu betul mengenai keadaan dan juga misi kedua jurusan tersebut menganggap bahwa dua jurusan ini sama.

Serta sering keliru menyebutkan nama atau pun kaliru masuk jurusan. Sejak 2005, jurusan Administrasi Pendidikan di FIP mengganti nama menjadi Manajemen Pendidikan. Ketika membicarakan batasan dan juga ruang lingkup Manajemen Pendidikan, akan menjadi jelas antara dua jurusan tersebut.

Untuk istilah administrasi lebih cenderung menunjuk kepada pekejaan tulis menulis, misalnya pengurusan surat menyurat. Beda lagi dengan manajemen. Manajemen lebih menunjuk kepada rangkaian kegiatan dari sebuah perencanaan yang akan dilaksanakannya suatu kegiatan sampai dengan penilaiannya.

Untuk lebih rincinya, kegiatan manajemen yakni mengatur dan juga mengelola kelancaran kegiatan, mengatur kecekatan para personil yang melaksanakan, pengaturan dalam sarana pendukung, pengaturan dana, dan masih banyak lagi.

Di dalam pengertian manajemen selalu saja menyangkut adanya tiga hal. Di mana tiga hal ini merupakan unsur yang penting, yakni usaha kerjasama, dilakukan oleh dua orang atau lebih dan yang terakhir ialah untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Apabila pengertian ini diterapkan di usaha pendidikan, maka telah termuat hal-hal yang menjadi objek pengelolaan atau pun pengaturan.

Tujuan dari Belajar Manajemen Pendidikan

Tujuan Belajar Manajemen Pendidikan
Tujuan Belajar Manajemen Pendidikan

Yang pertama yakni, efesien di dalam menggunakan sumber daya. Mempelajari manajemen pendidikan dengan baik diharapkan agar seseorang bisa mengelola sumber daya secara efisien. Misalnya saja sumber daya yang berupa pembiayaan, waktu, dan masih  banyak lagi.

Yang kedua adalah ekektif di dalam pencapaian suatu tujuan. Mempelajari manajemen pendidikan secara berkesinambungan serta sungguh-sungguh, diharapkan bisa mengefektifkan proses dan juga sumber daya yang dikelola, agar mencapai tujuan dengan optimal.

Yang ketiga adalah bermuara kepada tujuan pendidikan. tujuan dari manajemen pendidikan tak akan lepas dari tujuan pendidikan nasional. Yakni bertujuan untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat.

Di dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi para peserta didik agar menjadi manusia yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berakhlak mulia, cakap, berilmu, kreatif, mandiri dan juga jadi warga negara yang demokratis serta dapat bertanggung jawab.

Dan yang terakhir adalah mendukung kegiatan-kegiatan pendidikan di dalam upaya mencapai suatu tujuan pendidikan. Manajemen pendidikan pun mendukung serta memfasilitasi kegiatan pendidikan yang didukung dengan manajemen pendidikan yang baik, juga akan mendapat hasil yang baik. Sehingga tujuan pendidikan yang sudah ditargetkan bisa tercapai.

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Ruang lingkup manajemen pendidikan dibagi menjadi tiga bagian. Yakni berdasarkan wilayah kerja, berdasarkan objek garapan, dan juga berdasarkan fungsi kegiatan. Berikut adalah penjelasannya.

Yang pertama adalah berdasarkan wilayah kerja. Berdasarkan wilayah kerja ruang lingkupnya yakni meliputi, manajemen seluruh negara, manajemen satu wilayah provinsi, manajemen di dalam satu unit kerja dan juga manajemen kelas.

Ruang lingkup manajemen pendidikan yang kedua adalah berdasarkan objek garapan, ruang lingkupnya yakni, manajemen siswa, manajemen sarana dan prasarana, manajemen ketenaga pendidikan, manajemen tata laksana pendidikan, manajemen pembiayaan dan juga manajemen humas.

Dan ruang lingkup manajemen pendidikan yang terakhir adalah berdasarkan fungsi kegiatan, ruang lingkupnya yaitu, mengorganisasikan , merencanakan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan, mengawasi atau pun mengevaluasi.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Manajemen Pendidikan. Semoga informasi yang sudah disampaikan di atas dapat bermanfaat banyak bagi kalian semua para pembaca. Terima kasih.

Kesimpulan

Masih bingung dengan pertanyaan Apa itu Manajemen Pendidikan? Dalam artikel ini sudah dijelaskan secara detail mengenai pengertian dari manajemen pendidikan itu sendiri, fungsi dari manajemen pendidikan, tujuan dari manajemen pendidikan, dan ruang lingkup yang tercakup oleh manajemen pendidikan itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

-- ADVERTISEMENT --

Leave a Comment