Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum, Ini Manfaat dan Biayanya!

Sebagai pemilik kendaraan, Anda tentu sadar pentingnya merawat mobil untuk menjaga performa tetap prima. Salah satunya, tune up mobil yang telah dijadwalkan setiap enam bulan atau setahun sekali.

Seperti diketahui, tune up mobil dapat dilakukan di bengkel resmi ataupun bengkel umum. Jika melakukan aktivitas ini di bengkel resmi jauh lebih murah, tentu saja akan lebih mahal bila dilakukan di bengkel umum.

Sebelum melakukan perawatan satu ini, tentu saja penting untuk Anda mengetahui biaya tune up mobil cek selengkapnya baik di bengkel resmi maupun umum.

Begitu pula dengan kegiatan cat mobil yang bisa dilakukan di bengkel resmi atau umum, rata-rata berkisar hingga Rp10 jutaan. Anda bisa cek biaya cat mobil per panel sebelum menjalani proses satu ini.

Apa itu Tune Up Mobil

Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum
Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Secara umum, tune up mencakup beberapa perawatan dan penggantian komponen pada mobil yang diperiksa berdasarkan masa pakai efektif.

Dalam banyak kasus, beberapa komponen yang diganti secara rutin ialah busi, filter oli, filter udara, kampas rem dan sebagainya.

Selain itu, prosedur penggantian dan biaya tune up mobil antara bengkel resmi dan bengkel umum juga berbeda sehingga sebagai konsumen yang bijak Anda wajib memahaminya.

Fungsi Tune Up Kendaraan

Rutin melakukan tune up mobil bisa meminimalisir kerugian-kerugian yang bisa muncul akibat kerusakan, seperti komponen mobil hingga mogok saat melakukan perjalanan.

Berikut ini merupakan fungsi tune up mobil yang rutin dilakukan:

Jaga Kualitas Mesin

Pengecekan tune up mobil juga penting dilakukan untuk memastikan komponen mesinnya tetap stabil.

Jika kondisi komponen mesin mobil tetap stabil, maka komponen itu dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga, kendaraan kesayangan akan tetap aman dan nyaman saat dikendarai.

Optimalkan Performa Mesin

Performa mesin bisa terjaga secara baik jika dilakukan tune up mobil secara rutin. Selain menjaga performanya, kelebihan mobil rutin di-tune up yaitu meningkatkan tenaga yang dihasilkan.

Seperti diketahui, tune up mobil ini hanya fokus pada bagian mesinnya saja, seperti oli gardan, tutup distributor, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli, power steering, bukan daya kelistrikan, pemindah daya, atau chassis.

Karena hanya mengutamakan sektor dapur pacunya, maka proses yang dilakukan benar-benar optimal. Dengan performa mesin yang terjaga setelah rutin di-tune up, maka kendaraan dapat aman dipakai di berbagai kondisi medan jalan.

Perpanjang Usia Pakai Mobil

Tune up adalah solusi untuk memperpanjang usia pakai mobilmu. Hal ini dikarenakan tune up bisa menjaga performa mobil seperti saat masih baru. Meski mobilmu merupakan keluaran tahun lama, namun saat digunakan, tenaganya tetap terjaga secara baik jika rajin mengecek kondisi mesin melalui tune up.

Pastikan Fungsi Filter Udara dan Celah Katup

Tune up mobil juga bermanfaat untuk memastikan komponen saringan (filter) udara. Rutin melakukan tune up mobil, maka fungsi saringan udara di dalam mesin kendaraan tetap terjaga  baik.

Seperti diketahui, kurangnya perawatan membuat filter udara menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Itulah yang menjadi alasan mobil harus di-tune up. Filter udara yang bermasalah tentunya berpengaruh terhadap performa mesin.

Tak hanya filter udara saja, tune up mobil juga berguna untuk pengecekan celah kabel busi dan celah katup. Celah busi harus dibersihkan, sehingga menjaga besaran api yang keluar.

Interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat menimbulkan celah busi berubah. Begitu celah katup dibuka, harus diperiksa dan disetel ulang agar kembali standar, yang biasanya ada di mobil konvensional dengan sistem katup.

Tingkatkan Kenyamanan saat Berkendara

Jika kendaraan rajin di-tune up, tentu saja akan terasa nyaman saat digunakan. Pasalnya, tune up mobil memastikan performa mesinnya tetap baik.

Tak hanya nyaman, kendaraan yang rutin di-tune up juga akan lebih aman saat digunakan. Sebab, performa mesinnya yang baik, akan tetapi juga tak ada kerusakan komponen di bagian mesinnya.

Biaya Tune Up di Bengkel Resmi

Bbiaya tune up di bengkel resmi biasanya jauh lebih mahal dibandingkan bengkel umum. Pasalnya, harga suku cadang yang perlu diganti, di mana bengkel resmi selalu menggunakan suku cadang original dari pabrikan. Sementara itu, bengkel umum sering memberikan opsi suku cadang yang lebih murah.

Rata-rata biaya tune up mobil di bengkel resmi bisa mencapai Rp3 juta, bahkan lebih. Akan tetapi harganya jauh lebih murah jika Anda hanya ingin tune up mobil ringan, hanya sekitar Rp300 ribuan.

Selain lebih mahal, tune up di bengkel resmi juga membutuhkan waktu lebih lama. Pasalnya, proses pengecekan akan dilakukan oleh tim mekanik terbaik yang memeriksa untuk melihat performa kendaraan.

Setelah proses pengecekan, tim mekanik dari bengkel resmi tidak akan langsung mengganti komponen yang rusak parah melainkan memberitahu Anda dan memberikan estimasi harga.

Dalam tahap ini, Anda bisa memilih opsi menggantinya atau tidak. Alasan full tune up menjadi penyebab utama mengapa biayanya menjadi lebih mahal.

Biaya Tune Up di Bengkel Umum

Tidak mencapai nominal hingga jutaan rupiah seperti biaya tune up mobil di bengkel resmi, di bengkel umum Anda hanya membutuhkan biaya sedikit saja untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Sebab, bengkel umum tidak menetapkan profit terlampau tinggi sehingga biaya tune up mobil jauh lebih terjangkau.

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp350 ribu hingga Rp500 ribuan untuk melakukan tune up mobil ringan di bengkel umum. Hanya saja, biaya tersebut belum termasuk biaya penggantian sparepart yang telah rusak parah.

Itulah informasi mengenai tune up mobil, manfaat melakukan hingga biayanya. Jangan lupa rajin merawat kendaraan kesayangan, salah satunya tune up mobil ya!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar